Minggu, 06 Mei 2018 09:45 WITA

Jadi Manajer Rangers, Gerrard: Pengalaman Orang Lain Salah Satu Guru Terbaik

Editor: Nur Hidayat Said
Jadi Manajer Rangers, Gerrard: Pengalaman Orang Lain Salah Satu Guru Terbaik
Steven Gerrard. (Sumber Foto: Sky Sports)

RAKYATKU.COM, GLASGOW - Steven Gerrard resmi menjabat manajer klub kasta tertinggi Liga Skotlandia mulai musim depan. Legenda Liverpool itu belum punya pengalaman melatih, namun ia tidak masalah dengan itu.

Kalimat "pengalaman adalah guru terbaik" memang tidak cocok untuk Gerrard di dunia kepelatihan. Ia belum punya pengalaman melatih tim senior. Akan tetapi, ia punya segudang pengalaman menjadi pesepak bola profesional. Ia juga banyak dilatih para manajer top.

Maka bagi Gerrard; pengalaman orang lain adalah salah satu guru terbaik. "(Pengalaman) tak jadi masalah buat saya. Itu sepertinya masalah buat orang lain, tetapi saya tidak bisa mengontrolnya. Saya menghormati pendapat semua orang. Saya sudah berada di klub besar dalam waktu lama. Saya pernah melalui laga-laga besar. Saya melihat bagaimana cara kerja manajer top dan saya pun pernah dilatih orang-orang top," ujar Gerrard dilansir ESPN.

"Saya tidak bisa membantah soal tidak adanya pengalaman melatih dan satu-satunya cara mendapat pengalaman itu adalah dari posisi ini. Anda harus yakin dengan diri sendiri bahwa Anda punya karateristik tepat untuk menghadapi tantangan yang ada. Tentunya suatu hari saya akan lebih berpengalaman dan saya yakin kesempatan ini bakal membantu saya ke arah sana," lanjut pria 37 tahun itu.

Sejak pensiun menjadi pesepak bola profesional dua tahun lalu, Gerrard lebih banyak berkarier sebagai pandit di televisi Eropa dan baru melatih tim Liverpool U-18 sejak musim panas lalu.