Jumat, 27 April 2018 05:25 WITA

Atletico Madrid 10 Pemain, Arsenal Diimbangi dengan Cara Menyakitkan

Editor: Nur Hidayat Said
Atletico Madrid 10 Pemain, Arsenal Diimbangi dengan Cara Menyakitkan
Antoine Griezmann dan kolega saat merayakan gol ke gawang Arsenal. (Foto: Twitter Atletico Madrid)

RAKYATKU.COM, LONDON - Arsenal mesti puas bermain imbang 1-1 kala menjamu Atletico Madrid pada leg pertama semifinal Liga Europa di Emirates Stadium, Jumat dini hari Wita (27/4/2018). Hasil negatif menatap leg kedua di kandang Atletico, pekan depan.

Arsenal sesungguhnya tampil amat dominan pada laga ini. Terlebih lagi sejak menit ke-10 mereka unggul jumlah pemain. Itu setelah bek kanan Atletico, Vrsaljko, mesti meninggalkan lapangan pertandingan karena menerima kartu kuning kedua. Pada menit ke-2, pemain asal Kroasia itu telah mengemas satu kartu kuning.

Hanya berselang tiga menit, Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone ikut diusir akibat protes kerasnya kepada Clement Turpin, wasit asal Prancis yang memimpin laga. 

Tampil mendominasi laga sepanjang 45 pertama, Arsenal gagal memanfaatkan keuntungan. Laga babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata, 0-0.

Di babak kedua, dominasi The Gunners berlanjut. Gol yang ditunggu-tunggu tim asuhan Arsene Wenger pun lahir pada menit ke-61. Memanfaatkan umpan Jack Wilshere, Alexandre Lacazette berhasil menyundul bola dan tidak bisa terjangkau kiper Jan Oblak.

Pada momen ini Arsenal benar-benar di atas angin. Akan tetapi, saat laga seakan sudah menjadi milik mereka, petaka kemudian datang. Tepatnya pada menit ke-81.

Berawal dari penetrasi yang dilakukan Danny Welbeck. Ia terjatuh usai berusaha melewati adangan pemain Atletico, namun wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran. 

Bek Atletico, Jose Maria Gimenez, yang berdiri dekat dengan bola kemudian mengirimkan umpan jauh kepada Antoine Griezmann. Griezmann yang lolos dari kawalan sukses memanfaatkan peluang itu dengan mengonversinya menjadi gol.

Bagi Arsenal, gol balasan itu tentu saja sangat menyakitkan. Mereka menguasai sepenuhnya jalannya. Menguasai ball possession hingga 76 persen, melepaskan 28 tembakan yang 8 di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Atletico yang dikurung habis-habisan hanya sanggup melepaskan 6 tendangan namun 5 di antaranya tepat ke gawang.

Bagi Atletico hasil imbang ini tentu saja menjadi modal positif. Mencetak gol tandang dan pada leg kedua nanti akan bermain di kandang sendiri. Laga kedua tim akan berlangsung di Wanda Metropolitano, Jumat (4/5/2018).

Susunan Pemain

Arsenal: 13. D Ospina, 18 Nacho Monreal. 6 L Koscielny, 20 S Mustafi, 24 Bellerín, 11 M Ozil, 10 J Wilshere, A Ramsey, 29 G Xhaka, 23 D Welbeck, 9 A Lacazette

Atletico Madrid: 13 J Oblak, 2    D Godin 16 S Vrsaljko, 24 J Gimenez, 19     L Hernandez, 8 Saul, 6 Koke, 5 T Partey, 21 K Gameiro (Gabi 65'),  7 A Griezmann (Fernando Torres 85'), 11 A Correa (S Savic 75')