Rabu, 18 April 2018 15:28 WITA

El Clasico di Camp Nou Bakal Sangat Menyakitkan Bagi Real Madrid

Editor: Nur Hidayat Said
El Clasico di Camp Nou Bakal Sangat Menyakitkan Bagi Real Madrid
Lionel Messi dan kolega. (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM, BARCELONA - Barcelona sudah kian dengan gelar juara La Liga 2017/2018. Ada kemungkinan meraka meraihnya saat laga El Clasico melawan Real Madrid di Camp Nou, 6 Mei mendatang.

Rabu dini hari Wita (18/4/2018), tim asuhan Ernesto Valverde hanya bermain imbang 2-2 dengan Celta Vigo di Stadion Balaídos. Hasil imbang itu menjadikan mereka kini mengemas 83 poin setelah melahap 33 pertandingan.

Hitung-hitungan Bolasport.com mengacu SPORT, Barcelona unggul 12 angka di atas tim peringkat kedua, Atletico Madrid (71), yang baru melakoni 32 laga. Itu berarti Barcelona tinggal butuh dua kemenangan atau enam poin untuk memastikan gelar juara.

Jika itu teralisasi, maka Lionel Messi dan kolega akan mengemas 89 poin. Jumlah itu sesungguhnya akan sama dengan Atletico Madrid andai tim asuhan Diego Simeone memenangi semua laga sisa.

Akan tetapi, aturan sistem pemeringkatan La Liga menguntungkan Barcelona. Jika terdapat dua tim dengan poin sama, maka hal pertama yang akan dijadikan faktor penentu posisi adalah rekor selisih gol dalam head-to-head di antara klub bersangkutan.

Untuk hal itu, Barcelona unggul karena memetik hasil 1-1 dan menang 1-0 atas Atletico Madrid dalam dua pertemuan musim ini.

Barca sesungguhnya bisa dipastikan juara pada awal pekan depan. Itu dengan catatan Atletico Madrid  
kalah dalam dua laga ke depan, melawan Real Sociedad (19/4/2018) dan Real Betis (22/4/2018).

Pada akhir pekan nanti, Barca melakoni final Copa del Rey versus Sevilla (21/4/2018) dan baru akan turun kembali di La Liga menghadapi Deportivo La Coruna (29/4/2018).

Nah, andai Atletico Madrid menang pada dua laga ke depan, Barcelona masih harus menunggu untuk memetik tiga poin atas dua lawan selanjutnya.

Deportivo La Coruna pertama dan selanjutnya El Clasico melawan Real Madrid. Jika menang pada dua laga ini, maka Barcelona akan berpesta di hadapan Real Madrid. 

Momen itu tentu saja akan sangat menyenagkan bagi Barcelona, dan sebaliknya sangat menyakitkan bagi Real Madrid.

Bagaimana kalau gagal meraih gelar juara di El Clasico? Barcelona masih punya kesempatan pada tiga lafa selanjutnya untuk meraih gelar juara.