Kamis, 12 April 2018 16:12 WITA

Mulai 2021, Klub Liga 1 Wajib Berlisensi AFC

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Nur Hidayat Said
Mulai 2021, Klub Liga 1 Wajib Berlisensi AFC
Joko Driyono. (Foto: Bola.net)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Induk organisasi sepak bola Indonesia, PSSI, tengah merancang memperketat kompetisi kasta tertinggi sepak bola di negeri ini, Liga 1. Klub yang berlaga di Liga 1 wajib memiliki lisensi AFC.

Keputusan itu diambil saat PSSI dan PT LIB mengadakan workshop tentang lisensi klub untuk musim ini. Sebanyak 18 klub kontestan Liga 1, ikut serta dalam workshop tersebut di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, 10 sampai 11 April 2018.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan, dari hasil workshop, pihaknya bakal menjadikan lisensi klub AFC sebagai salah satu syarat untuk berkompetisi di Liga 1. Namun diakuinya, kemungkinan besar hal itu baru akan terlaksana pada 2021 mendatang. 

"Tiga tahun ke depan kami akan coba, klub harus memenuhi semua standar itu. Makanya dari sekarang ini percobaannya," ucap Joko, Kamis (12/4/2018).

Pria yang akrab disapa Jokdri itu mengungkapkan, nantinya walaupun standar itu adalah sebuah kewajiban untuk ikut Liga 1, tidak akan ada hukuman yang menaunginya. Hanya saja, dia sangat yakin klub akan sadar diri bahwa untuk jadi sebuah klub profesional, apa yang harusnya dipenuhi memang sudah sesuai standar.

Loading...

Sehingga dalam waktu dekat, harapan dari PSSI adalah makin banyak perwakilan Indonesia bisa tampil di ajang berskala Asia. Sebab musim ini, hanya ada dua klub dari lima yang lolos lisensi AFC yang bisa berpartisipasi, yakni Bali United dan Persija Jakarta.

"Hanya lima klub di musim lalu, Persija Jakarta, Bali United, Madura United, Arema FC, dan Persib Bandung. Kami akan aktif terus mengingatkan. Ini juga demi kepentingan klub. Demi masa depan klub itu sendiri," ungkapnya

Lisensi klub AFC sendiri akan berlangsung mulai April hingga September mendatang. Jokdri menambahkan, waktu enam bulan yang diberikan sebenarnya sudah ditambah oleh PSSI dan operator.

"Kami ringankan beban klub. Kami sadar ini baru pertama kali. Jadi manajemen lisensi klub benar-benar harus mempersiapkan sejak dari sekarang. AFC memberi kebaikan ini jadi  harus dimanfaatkan," pungkasnya.

Loading...
Loading...