Selasa, 10 April 2018 18:08 WITA

Sebelum Nonton, Simak Dulu Data dan Fakta Man City Vs Liverpool

Editor: Nur Hidayat Said
Sebelum Nonton, Simak Dulu Data dan Fakta Man City Vs Liverpool

RAKYATKU.COM, MANCHESTER - Manchester City akan menjamu Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu dini hari Wita (11/4/2018). 

Pada leg pertama di Anfield, tengah pekan lalu, Liverpool menang 3-0. Semua gol lahir di babak pertama, melalui lesakan Mohamed Salah (12'), Alex Oxlade-Chamberlain (21'), dan Sadio Mane (31').

Itu berarti City mesti mengalahkan Liverpool empat gol tanpa balas untuk melangkah ke babak selanjutnya. Sesuatu yang sesungguhnya sudah dilakukan tim asuan Pep Guardiola musim ini. 

Pada pertemuan pertama Premier League musim ini, The Citizens berhasil mengalahkan Liverpool 5-0, Desember 2017. Laga kala itu digelar di Etihad Stadium.

Loading...

Sebelum menonton, berikut data dan fakta menarik mengiringi laga kedua tim seperti dilansir Opta.

-Liverpool sebelumnya pernah dua kali bertanding lawan City di babak knockout dua leg, keduanya di semifinal Piala Liga. Liverpool memenangi keduanya, yakni dengan agregat 2-1 pada musim 1980/81 serta agregat 3-2 pada musim 2011/12, dan selalu finis sebagai juara.
-Dalam laga-laga kandang yang sudah mereka di Liga Champions musim ini, City menang tiga kali (2-0 vs Shakhtar, 2-1 vs Napoli, 1-0 vs Feyenoord) dan sekali kalah (1-2 vs Basel).
-Sebelum ini, City pernah enam kali kalah tandang leg pertama di kompetisi UEFA. City kandas empat kali dan hanya lolos dua kali. Kegagalan terkini City dari situasi seperti ini adalah ketika melawan Sporting di babak 16 besar Liga Europa 2011/12 (0-1 tandang, 2-1 kandang).
-Terakhir kali City lolos dari situasi seperti ini adalah ketika melawan Gornik Zabrze di perempat final European Cup Winners' Cup 1970/71.
-Liverpool belum pernah menang tandang melawan sesama klub Inggris di kompetisi Eropa (S5 K4).
-Liverpool belum terkalahkan dalam laga-laga tandangnya di Liga Champions musim ini (M3 S2): 2-1 vs Hoffenheim (play-off), 1-1 vs Spartak, 7-0 vs Maribor, 3-3 vs Sevilla (fase grup), 5-0 vs Porto (16 besar).
-Liverpool hanya memenangi empat dari 17 laga tandang terakhirnya di Eropa (M4 S8 K5).
-Liverpool baru pernah gagal lima kali dan lolos 29 kali dalam partai-partai dua leg Eropa di mana mereka menang kandang pada leg pertama. Terkini, Liverpool mengalahkan Manchester United (rival sekota City) dengan agregat 3-1 di babak 16 besar Liga Europa 2015/16 (2-0 kandang, 1-1 tandang).
-Liverpool selalu berjaya setelah menang 3-0 di kandang pada leg pertama di kompetisi Eropa (empat kali), termasuk final UEFA Cup 1972/73 melawan Borussia Monchengladbach (3-0 kandang, 0-2 tandang).
-Skorsing dengan kartu kuning berikutnya (City): Danilo, Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne, Nicolas Otamendi, Gabriel Jesus dan Fernandinho.
-City memenangi 19 dari 23 laga kandang yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini, hanya kalah lawan Basel (1-2, babk 16 besar UCL) dan 2-3 lawan Manchester United akhir pekan kemarin (yang membuat City gagal mengunci gelar juara EPL lebih awal).
-City mencetak tiga gol atau lebih dalam 12 dari 23 laga kandang yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini.
-Sergio Aguero telah mencetak 15 gol dalam 16 penampilan untuk City di semua kompetisi tahun 2018. Dia hanya butuh satu lagi guna menjadi pemain pertama yang mencetak 200 gol untuk City.
-Liverpool tak bisa diperkuat Jordan Henderson (skorsing). Alberto Moreno akan terkena skorsing dengan kartu kuning berikutnya.
-Liverpool baru gagal mencetak gol dalam empat laga dari 23 laga tandang yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini, termasuk ketika kalah 0-5 melawan City di Premier League.
-Rekor tandang Liverpool di semua kompetisi musim ini adalah M12 S6 K5.
-Liverpool, yang akhir pekan kemarin imbang 0-0 dalam derby lawan Everton (EPL), hanya kalah sekali dalam 12 laga terakhirnya di semua kompetisi (M8 S3 K1).
-Mohamed Salah, yang mencetak 17 gol dalam 15 penampilan terakhirnya untuk Liverpool, mengalami cedera ringan di leg pertama. Dia melewatkan laga melawan Everton akhir pekan kemarin, tapi diperkirakan fit untuk leg kedua ini.

Loading...
Loading...