Senin, 02 April 2018 06:01 WITA

Nasib Piala Dunia Terancam, FIFA Ditinggal Para Sponsor

Editor: Jumardin Akas
Nasib Piala Dunia Terancam, FIFA Ditinggal Para Sponsor

RAKYATKU.COM -  FIFA tengah menghadapi kondisi keuangan yang berat karena beberapa sponsor membatalkan rencana kerja sama di Piala Dunia 2018 Rusia.

Dilansir Mirror, Negara tuan rumah Rusia menjadi sorotan selama sebulan terakhir. Hal ini menjadi alasan para sponsor enggan bekerja sama. 

Pemicunya adalah kejadian baru-baru ini di Salisbury,  di mana seorang mantan mata-mata dan putrinya diracuni dan diduga kuat didalangi pihak Rusia.

Selain itu, menguatnya eskalasi ancaman dari ISIS membuat para sponsor berpikir dua kali untuk ikut terlibat. 

Sebelum kejadian ini,bulan lalu, FIFA mengumumkan kerugian sebesar 136.4 juta poundsterling pada tahun 2017.

"Ada keengganan yang luar biasa tentang mensponsori Piala Dunia tahun ini," kata Mark Ritson, profesor pemasaran di Melbourne Business School.

“Itu karena reputasi perusahaan FIFA yang hancur. Status serangan dari negara tuan rumah Rusia dan ketakutan umum bahwa tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi musim panas ini ketika turnamen dimulai. Kini, insiden Salisbury telah memperburuk situasi," katanya.

"Akhir tahun lalu itu masih tampak buruk bagi Piala Dunia Rusia 2018 dan sekarang terlihat sangat mengerikan".

Sebagian besar karena sponsor global tidak tertarik pada organisasi yang dinilai rusak karena menyelenggarakan acara yang terlalu mahal di negara diktator anti-Barat.

Teror dari ISIS baru-baru ini datang. ISIS menyebarkan gambar seorang teroris mengacungkan senapan mesin dan sebuah bom, dengan Volgograd Arena di Rusia Selatan sebagai latar belakang.

Di tempat itu, Inggris rencananya akan bermain pada salah satu pertandingan Piala Dunia. ISIS menulis 'Tunggu Kami' di bawah gambar menyeramkan itu.

Stadion itu akan menjadi tuan rumah bagi tim Gareth Southgate ketika mereka menghadapi Tunisia pada 18 Juni.

Meskipun Volgograd bukanlah area yang disarankan oleh kantor pusat untuk dikunjungi penggemar sepak bola. Akan ada banyak pendukung yang bepergian untuk menonton turnamen.