Rabu, 28 Maret 2018 17:43 WITA

Spanyol Belakangan, Tim Kecil Ini Lebih Dahulu Kalahkan Argentina 6-1

Editor: Nur Hidayat Said
Spanyol Belakangan, Tim Kecil Ini Lebih Dahulu Kalahkan Argentina 6-1
Para pemain Spanyol saat merayakan gol ke gawang Argentina. (FOTO: AP)

RAKYATKU.COM, MADRID - Argentina secara mengejutkan babak belur saat menghadapi Spanyol dalam laga uji coba di Wanda Metropolitano, Rabu dini hari Wita (28/3/2018). Tanpa diperkuat Lionel Messi, tim Tango kalah 1-6.

Namun, ini bukanlah kali pertama Argentina kalah setengah lusin gol dalam 10 tahun terakhir. Seperti catatan Soccerway, sebelumnya Argentina kalah dengan skor serupa kalah menghadapi tim sekelas Bolivia pada 2009 lalu.

Messi dan kolega kala itu tidak mampu menghindari kekalahan -6 dalam laga yang berlangsung di La Paz, Bolivia. Bukan karena taktik, Argentina kalah karena kondisi cuaca. La Paz berada di ketinggian 3.637 meter di atas permukaan laut.

Dengan ketinggian seperti itu, pemain-pemain yang tidak menjalani aklimatisasi terlebih dahulu akan tersengal-sengal karena oksigen yang tipis. 

Selama bertahun-tahun, banyak negara mengklaim Bolivia memiliki keunggulan yang tidak adil saat menggelar pertandingan di stadion tersebut. Catatan berbagai pertandingan internasional mereka membuktikan itu.

FIFA pernah berusaha melarang stadion tersebut digunakan sebagai tuan rumah berbagai laga internasional. Akan tetapi, setelah pihak Bolivia habis-habisan melawan keputusan ini, badan pengelola sepak bola dunia tersebut akhirnya mengalah.