Rabu, 21 Maret 2018 15:32 WITA

Pesepak Bola Sekarang Terlalu Manja, Verratti Sindir Messi

Editor: Nur Hidayat Said
Pesepak Bola Sekarang Terlalu Manja, Verratti Sindir Messi
Jose Mourinho. (Foto: Metro UK)

RAKYATKU.COM - Manajer Manchester United, Jose Mourinho, melancarkan kritik terbuka kepada salah satu pemainnya, Luke Shaw. Hal itu pun memicu banyak tanggapan dari analis dan kritikus sepak bola. 

Satu di antaranya Jason Burt, kepala koresponden sepak bola dalam media ternama Telegraph. Ia menilai menilai bahwa pesepak bola saat ini terlalu manja.

Saat kemenangan 2-0 MU atas Brighton di perempatfinal Piala FA akhir pekan lalu, Mourinho menarik Luke Shaw di awal babak kedua. Dan, saat laga usai mantan pelatih Chelsea itu terang-terangan mengkritik Shaw yang gagal bermain sesuai instruksinya.

Burt menilai kultur sepak bola saat ini telah memaksa para pemain kehilangan suaranya di media. Seharusnya, kata Burt, pemain berani berbicara di media untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya.

"Saya rasa pesepak bola saat ini terlampau manja," ungkap Burt dikutip skysports.

"Ada kekurangan rasa tanggung jawab, mereka kurang berani berbicara. Saya tidak mendengar mereka cukup lantang di media karena mereka terlalu dilindungi oleh klub."

Selama bekerja dalam dunia jurnalistik sepak bola, Burt mengaku sebenarnya merasa para pemain memiliki banyak pendapat yang perlu disampaikan. Akan tetapi, mereka terhalang dengan batasan klub yang terlalu protektif.

"Mereka melupakan kesempatan mereka untuk berbicara di media dan saya kira mereka harusnya lebih mempercayai media."

Sementara itu, di tempat berbeda gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti, menganggap Lionel Messi lebih terlalu mendapat perhatian lebih dari wasit. Verratti menganggap bintang Barcelona itu tidak pernah mendapat kartu ketika melakukan protes kepada wasit.

Verratti melontarkan pernyataan provokatif itu setelah menilik hasil dalam laga leg kedua kontra Real Madrid, di Stadion Parc des Princes, 6 Maret 2018. Verratti mendapat kartu merah karena protes keras kepada wasit pada menit ke-66.

"Saya meminta maaf terkait reaksi saya yang salah ketika laga melawan Real Madrid. Namun, kartu merah itu seharusnya tidak perlu dan wasit bisa lebih toleran kepada pemain," kata Verratti.

"Berselisih dengan wasit adalah yang buruk. Namun, saya tidak berniat menghina siapa pun. Mungkin Messi akan mengalami perlakukan berbeda. Dia bebas mengacungkan jarinya ke wajah wasit dan tidak mendapat hukuman," ujar Verratti.