Rabu, 14 Maret 2018 14:21 WITA

Stephen Hawking Meninggal, Inggris Kehilangan Senjata Rahasia di Piala Dunia 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Stephen Hawking Meninggal, Inggris Kehilangan Senjata Rahasia di Piala Dunia 2018
Stephen Hawking pernah memberikan formula strategi untuk timnas Inggris. (FOTO: DAILY EXPRESS)

RAKYATKU.COM - Ahli fisika dan kosmologi Stephen Hawking dilaporkan meninggal dunia, Selasa waktu setempat (13/3/2018) di usia 76 tahun. Hawking meninggal setelah mengidap penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) sejak 1963.

Hawking terkenal dengan teori kosmologi jagat dan teori black hole. Akan tetapi, di balik itu ia juga merupakan penggemar berat sepak bola, khususnya timnas Inggris.

Ia pernah membuat membuat prediksi formula strategi untuk The Thee Lions pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Formulasi soal hitung-hitungan matematis bagaimana formasi Wayne Rooney dan kolega kala itu.

Formulanya sederhana; Inggris berpeluang menang lebih besar saat menggunakan skema 4-3-3 ketimbang 4-4-2. Sebesar 58 persen laga Inggris dimenangkan dengan formasi 4-3-3, sedangkan 4-4-2 sisanya 42 persen.

Ia juga pernah memberikan analisis psikologis terkait kenyamanan timnas Inggris mengenakan warna seragam. Ia menyebut bahwa Inggris memiliki rekam jejak lebih baik saat mengenakan jersey merah dibandingkan memakai kostum putih yang notabene jadi jersey utama.

Nah, Piala Dunia 2018 di Rusia akan berlangsung Juni nanti. Inggris tergabung di Grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia. 

Meninggalnya Stephen Hawking secara tidak langsung Inggris telah kehilangan senjata rahasia untuk menganalisis kekuatan mereka. Kita tunggu saja kiprah The Three Lions di Rusia nanti.