Selasa, 13 Maret 2018 16:03 WITA

Mau Sampai Kapan Bermain Sepak Bola, Buffon?

Editor: Nur Hidayat Said
Mau Sampai Kapan Bermain Sepak Bola, Buffon?
Gianluigi Buffon. (SUMBER FOTO: NEW YORK TIMES)

RAKYATKU.COM, TURIN - Gianluigi Buffon jadi salah satu sosok paling senior di lapangan hijau saat ini. Usianya telah menginjak 40 tahun, tetapi belum ada tanda-tanda ingin pensiun. Mau sampai kapan, Buffon?

Soal gantung sepatu dari sepak bola, Buffon kembali memberikan komentar baru. Ia tidak memastikan apakah akan pensiun pada akhir musim ini atau tidak. Semuanya bergantung motivasi bermainnya.

Pada awal musim ini sesungguhnya kiper Juventus tersebut sudah memutuskan untuk pensiun usai Piala Dunia 2018. Akan tetapi, kegagalan Italia lolos ke putaran final di Rusia membuatnya kembali mempertimbangkan rencananya itu.

"Motivasi adalah segalanya. Selama saya masih ingin menderita, bertarung di lapangan, maka saya akan terus bermain," ucap Buffon dilansir Football Italia.

"Pada awal karier, yang memotivasi saya adalah hasrat. Saya punya target untuk memenangkan banyak tantangan, untuk selalu meraih hasil yang lebih besar. Saya dan pihak klub perlu melihat energi yang saya miliki, entah saya bisa melanjutkan atau tidak."

Soal pencapaian, Buffon sesungguhnya sudah puas. Hampir seluruh kejuaraan baik di level klub maupun timnas telah ia rasakan. Jadi, apa pun yang terjadi nanti, termasuk pensiun, ia tidak menyesali perjalanannya di dunia sepak bola.

"Yang membuat saya bahagia adalah fakta bahwa apa pun yang ada di masa depan saya, saya tenang dan bersyukur dengan karier yang telah saya jalani," katanya. 

"Saya puas melihat apa yang sudah saya berikan untuk Parma, Juventus, serta timnas Italia dan seluruh sepak bola. Saya puas karena selalu bekerja dengan serius dan tanpa egoisme. Saya selalu mengedepankan kepentingan tim."