Selasa, 13 Maret 2018 14:30 WITA

Selamat, Timnas Indonesia U-16 Juara di Jepang

Editor: Nur Hidayat Said
Selamat, Timnas Indonesia U-16 Juara di Jepang
Skuat timnas Indonesia U-16. (FOTO: PSSI)

RAKYATKU.COM, MIYAZAKI - Tim nasional Indonesia U-16 berhasil meraih gelar juara turnamen Jenesys 2018. Tim asuhan Fakhri Husaini mengalahkan timnas Vietnam U-16 pada final di Lapangan Yamazakura Kirishima Prefektur Miyazaki General Athletic Park Pitch 1, Senin (12/3/2018).

Indonesia menang tipis 1-0 melalui gol tunggal Rendy Juliansyah dari titik penalti pada menit ke-64. Raihan ini menjadikan skuat Merah Putih tidak terkalahkan bahkan menjadi sepanjang turnamen. Mencetak 14 gol dan hanya sekali kebobolan.

"Kerja keras dan kesungguhan dalam berlatih tidak pernah mengkhianati hasil. Selamat, Garuda Asia jadi juara Turnamen Jenesys 2018. Jangan cepat puas dan tetap membumi," demikian pernyataan PSSI dalam akun resmi Twitter (@pssi-fai).

Pelatih tim nasional Indonesia U-16, Fakhri Husaini, antusias dan bangga dengan gelar juara ini. Kerja keras selama pemusatan latihan, kata dia telah berbuah positif. Sejauh ini mereka sudah mengoleksi dua trofi.

Sebelumnya, timnas Indonesia U-16 meraih trofi turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 di Da nang Vietnam. "Cukup membanggakan. Ini berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia," kata Fakhri dilansir laman resmi PSSI (pssi.org).

"Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani."

"Target besar kami lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 2019. Syarat menuju ke sana harus lolos ke semifinal Piala Asia U-16."

Gelandang timnas Indonesia U-16, David Maulana, melengkapi sukses Indonesia di turnamen Jenesys 2018. Ia meraih penghargaan permain terbaik. Ini merupakan penghargaan individu internasional pertama yang diraih David Maulana bersama timnas. 

Target David selanjutnya membawa timnas U-16 menjuarai Piala AFF 2018 dan Piala Asia U-16 yang digelar tahun ini.  Ia juga ingin membawa timnas tampil di Piala Dunia U-17 pada 2019 nanti. 

"Saya ingin meraih juara bersama timnas U-16 di Piala AFF dan Piala Asia. Selain itu mengejar asa lolos Piala Dunia U-17 pada tahun 2019 mendatang. Saya akan terus bekerja keras, karena target saya adalah bisa bermain di Piala Dunia U-17."