Jumat, 09 Maret 2018 07:15 WITA

Deretan Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak Bola

Editor: Nur Hidayat Said
Deretan Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak Bola
Nomor 13 milik Davide Astori kini dipensiunkan.

RAKYATKU.COM - Untuk menghormati kematian Davide Astori, Fiorentina dan Cagliari memensiunkan nomor punggung 13. Di beberapa klub sepak bola di dunia, ternyata melakukan hal serupa.

Di Italia, ada Brescia yang memensiunkan nomor 10. Sejak terakhir dipakai Roberto Baggio, tidak ada lagi pemain yang memakai nomor keramat itu. Selanjutnya Napoli yang juga tidak memberikan nomor 10 setelah Diego Maradona meninggalkan klub itu.

Javier Zanetti adalah sosok besar di Inter Milan dan nomor punggung 4 pun dipensiunkan sebagai penghormatan. Selain nomor 4, ada juga nomor 3 milik almarhum Giacinto Fachetti. Masih di Inter, Ivan Zamorano pernah memakai nomor unik, 1+8, dan tentu saja tidak ada pemain lagi memakai nomor itu.

Di klub sekotanya, AC Milan, nomor punggung 3 sementara dipensiunkan setelah Paolo Maldini pensiun. Nomor itu baru akan digunakan apabila anak Paolo Maldini, Christian Maldini, bermain di klub itu suatu saat nanti. Nomor 6 AC Milan milik bek sekaligus kapten legendaris Franco Baresi juga tak lagi dipakai.

Deretan Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak BolaPaolo Maldini.

Beralih ke Inggris, ada West Ham United yang tidak lagi memakai nomor 6 sebagai penghormatan untuk Sir Bobby Moore. Begitu juga Manchester City yang memesiunkan nomor 23 milik Marc-Vivien Foe yang meninggal karena serangan jantung.

Di Spanyol, nomor 16 Sevilla juga tak lagi dipakai setelah Antonio Puerta meninggal pada 2007 karena serangan jantung. Namun karena aturan La Liga terkait nomor punggung, nomor itu harus dihidupkan lagi. 

Eks kapten Espanyol, Daniel Jarque, meninggal karena serangan jantung pada 2008. Nomor 21 miliknya sempat dipensiunkan oleh Espanyol sebelum dipakai lagi. Jarque juga sempat memakai nomor 27.

Terakhir di Belanda, ada Ajax Amsterdam yang memensiunkan nomor 14 milik Johan Cruyff. Cruyff adalah identitas klub tersebut berkat sederet trofi yang pernah diberikannya.

Deretan Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak BolaJohan Cruyff.