Selasa, 14 Juni 2016 14:25 WITA

Begini Persiapan Liga Santri Nusantara di Pinrang  

Penulis: Suardi Digat
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Begini Persiapan Liga Santri Nusantara di Pinrang  
Robby Darwis (int)

RAKYATKU.COM, PINRANG - Mantan pesepakbola nasional, Robby Darwis, akan menjadi tim penilai dan memilih langsung pemain terbaik di masing-masing kesebelasan yang berlaga di Liga Santri Nusantara (LSN) usai Idul Fitri mendatang.

Koordinator LSN Regional I Sulawesi Selatan dan Barat, Alimuddin Budung, membenarkan informasi itu. Alimuddin mengatakan, Mantan Asisten Pelatih Persib Bandung itu akan melakukan seleksi langsung santri santri yang bermain di LSN nantinya.

"Beliau (Robby Darwis) yang akan menyeleksi langsung para santri untuk menentukan siapa pemain terbaik," kata Alimuddin saat ditemui di Kantor DPRD Pinrang, Selasa (14/6/2016).

Sementara soal wasit yang memimpin setiap pertandingan di LSN nanti, juga merupakan wasit bersertifikat nasional. "Kalau wasit merupakan tanggung jawab panitia pusat. Panitia lokal yang ada di regional masing-masing hanya mempersiapkan persiapan dan pelaksanaan LSN tersebut," terangnya.

Meski semua persiapan dinyatakan siap, kata Alimuddin, namun sistem yang digunakan dalam LSN nantinya belum final. Apakah menggunakan sistem gugur, setengah kompetisi atau kompetisi penuh. Panitia masih memperhitungkan waktu penyelenggaraan LSN.  

Loading...

"Jika dilakukan setengah kompetisi, maka akan memakan waktu yang cukup lama. Begitu juga jika digunakan kompetisi penuh.  Pasti membutuhkan waktu yang lebih panjang lagi," katanya.

Sekadar diketahui, LSN 2016 diprakarsai oleh Badan Otonom Nahdatul Ulama (NU) Rabithah Ma’ahid Islamiyah dan serentak dilangsungkan di 32 regional yang ada di Indonesia. 

"Untuk Wilayah Sulawesi sendiri dibagi dalam tiga zona. Pinrang menjadi tuan rumah untuk regional satu yang membawahi wilayah Sulawesi Selatan dan Barat," jelasnya.

Pun kata Alimuddin, pihaknya akan mempertandingan kesebelasan dari lingkup pondok pesantren yang ada di Sulawesi selatan dan Barat. "Dalam LSN ini, Pinrang akan menjadi tuan rumah dan dilaksanakan di Stadion Bau Massepe."

Loading...
Loading...