Jumat, 02 Maret 2018 00:54 WITA

Piala Dunia 2018: Rusia Bolehkan Penonton Bawa Ganja ke Stadion

Editor: Nur Hidayat Said
Piala Dunia 2018: Rusia Bolehkan Penonton Bawa Ganja ke Stadion

RAKYATKU.COM, MOWKOW - Pemerintah Rusia membuat keputusan kontroversial jelang pelaksanaan Piala Dunia 2018. Penonton yang ingin menyaksikan pertandingan diperbolehkan membawa ganja ke dalam stadion.

Kabar mengenai diperbolehkannya ganja dibawa ke stadion pada Piala Dunia 2018 dilansir oleh harian Rusia, Moscow Times. Namun, peraturan itu sesungguhnya janggal. Itu karena Rusia di sisi lain tidak memperbolehkan penggunaan narkotika secara bebas di kehidupan sehari-hari.

Masyarakat di Rusia selama ini bisa membawa narkotika seperti ganja, heroin, dan kokain, tetapi sang pemilik harus memiliki izin tertulis dari otoritas setempat dalam bahasa Rusia. Izin itu bisa diurus saat mereka mencantumkan rekomendasi dari dokter mengenai penggunaan narkotika.

Diperbolehkannya narkotika masuk ke stadion sebagai bagian dari konsekuensi bergabungnya Rusia ke dalam Eurasian Economic Union. Salah satu kesepakatan dalam kelompok itu adalah turis boleh bepergian dengan membawa obat-obatan itu dengan jumlah terbatas dan juga dengan izin dari pihak berwenang.

Akan tetapi, untuk mengatasi penyalahgunaan narkotika itu, panitia pelaksana dan pemerintah Rusia akan menjalani pemeriksaan ketat di seluruh kota penyelenggara Piala Dunia 2018. 

Mereka tidak akan segan-segan menjatuhkan hukuman kepada mereka yang menyalahgunakan izin tersebut.

Pemberitaan itu juga menyebutkan bahwa Rusia akan melarang suporter merokok di areal stadion penyelenggara Piala Dunia 2018, terutama di Kota Moscow, St Petersburg, dan juga Sochi.