Selasa, 27 Februari 2018 17:50 WITA

Brasil di Piala Dunia 2018: Jogo Bonito Rasa Tiki-taka

Editor: Nur Hidayat Said
Brasil di Piala Dunia 2018: Jogo Bonito Rasa Tiki-taka
Philippe Coutinho, Neymar Jr, dan Gabriel Jesus, akan jadi andalan Brasil di Piala Dunia 2018 nanti.(FOTO: AFP)

RAKYATKU.COM, BRASILIA - Piala Dunia 2018 Rusia baru bergulir 14 Juni hingga 15 Juli atau begitu liga-liga di Eropa selesai. Namun, sudah ada bocoran bagaimana timnas Brasil akan bermain nanti.

Itu seperti pengakuan Pelatih Brasil, Adenor Leonardo Bacchi, dikutip Sportsmole. Pelatih yang akrab disapa Tite itu mengaku banyak mendapat inspirasi dari Manchester City tim asuhan Pep Guardiola.

Brasil seperti diketahui identik dengan gaya permainan yang dinamai jogo bonito. Jogo bonito bisa diartikan; gaya permainan sepak bola indah yang memadukan unsur skill individu dan kerja sama para pemain.

Tite yang akan memimpin timnya pada sejumlah laga uji coba Maret nanti mengatakan bahwa, Manchester City adalah ahlinya dalam membongkar pertahanan tim yang memasang pakem ultra defensif alias "parkir bus".

The Citizen saat ini memang tengah memeragakan sepak bola indah. Pep Guardiola seperti sudah sukses betul menularkan ide di kepalanya yang kemudian dijalankan dengan baik oleh timnya.

Brasil di Piala Dunia 2018: Jogo Bonito Rasa Tiki-takaPelatih Brasil, Tite. 

Pep sejak membesut Barcelona sudah dikenal sebagai pelatih yang "gila" penguasaan bola dan umpan-umpan pendek. Berkat taktiknya bersama Barcelona sampai-sampai muncul istilah tiki-taka.
Pakem yang tidak berubah saat ia menangani Bayern Muenchen kemudian kini Manchester City.

"Manchester City adalah tim terbaik soal menembus pertahanan yang diisi lima pemain, itulah mengapa saya sering mengamati pertandingan mereka," ucap Tite.

"Mereka punya peluang untuk menghadapi lawan yang memasang lima bek di setiap pertandingan, kami hanya akan menghadapi Inggris jadi kami tidak punya waktu untuk menemukan solusi. Rusia akan menggunakan lima bek ketika menghadapi kami nanti."

Juara dunia lima kali akan datang sebagai salah satu unggulan di putaran final Piala Dunia 2018, usai sebelumnya tampil perkasa di babak kualifikasi zona Amerika Selatan. Di Rusia nanti, Brasil tergabung di Grup E bersama Kosta Rika, Swiss, dan Serbia.