Senin, 19 Februari 2018 14:47 WITA

Robben: Saya Cukup Jadi Pelatih SSB Saja

Editor: Nur Hidayat Said
Robben: Saya Cukup Jadi Pelatih SSB Saja
Arjen Robben. (SUMBER FOTO: EPA)

RAKYATKU.COM, MUENCHEN - Di atas lapangan hijau, Arjen Robben adalah salah satu winger paling disegani. Namun di pinggir lapangan ia tidak yakin bisa sama memukaunya di mata penggila sepak bola.

Robben dalam wawancana dengan Sport Buzzer mengaku, belum punya rencana menjadi pelatih di masa depan. Saat ini ia masih aktif bermain dan memperkuat Bayern Muenchen. Ia mengaku masih mencurahkan fokus kepada timnya saat ini.

Robben sesungguhnya sesekali mencoba menjadi pelatih dadakan. Namun, itu hanya di level sekolah sepak bola (SSB) atau akademi yang diperkuat anaknya. 

"Dari waktu ke waktu, saya melatih tim yang diperkuat anak saya, itu menyenangkan. Namun apakah saya suatu hari nanti tertarik menjadi pelatih di level tertinggi? Sulit mengatakannya," ucap Robben.

Sepanjang kariernya, Robben telah memperkuat banyak klub. Mulai Real Madrid, Chelsea, dan kini Bayern Muenchen. Ia pun telah banyak ditangani para pelatih top seperti Jose Mourinho, Jupp Heynckes, Carlo Ancelotti, dan Pep Guardiola.

Punya pengalaman banyak, Robben juga tahu betapa beratnya menjadi seorang pelatih. Terlebih melatih tim top. 

"Saya melihat setiap hari seperti apa tekanan yang ada di sini. Saya sudah bermain selama 18 tahun dan tekanan pada pelatih selalu makin besar. Hal itu memancing pertanyaan: 'Apakah saya benar-benar membutuhkan itu?' Saya benar-benar tidak tahu."