Rabu, 14 Februari 2018 17:38 WITA

Starting XI "Fusion" Real Madrid dan PSG, Hasilnya Tim Super

Editor: Nur Hidayat Said
Starting XI

RAKYATKU.COM - Dalam serial manga dan anime Dragon Ball ada istilah fusion, atau penggabungan dua karekter. Hasilnya, tentu saja perpaduan dua karakter yang digabungkan. Bagaimana jadinya kalau hal itu diaplikasikan dalam sepak bola?

Soccerway coba menggabungkan starting line up Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG) jelang bentrok kedua tim pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis dini hari Wita (15/2/2018). Dengan menggunakan formasi 4-3-3, berikut starting XI terbaik pilihan Soccerway.

Kiper

Sebenarnya tidak ada banyak pilihan di sini. Real Madrid dan PSG cenderung berusaha meng-upgrade kiper mereka di akhir musim. 

Real Madrid mengandalkan Keylor Navas meski di sisi lain ngotot mendatangkan kiper Manchester United, David De Gea. Navas dinilai tidak cukup baik untuk klub elite sekelas Real Madrid. 

Starting XI

Akan tetapi, Alphonse Areola di PSG dinilai tidak lebih baik dari Navas. Pemain 24 tahun itu, meski sukses menggeser Kevin Trapp sebagai kiper utama. Untuk posisi kiper, Navas dinilai lebih pantas. 

Bek Kanan

Starting XI

Sebuah pilihan sulit memasukkan Dani Alves atau Dani Carvajal untuk mengisi posisi ini. Keduanya adalah bek kelas dunia. 

Carvajal tidak menjalani pernampilan terbaiknya tahun ini. Pemain bersangkutan juga sempat absen membela Real Madrid karena masalah jantung. Dia juga diskors untuk pada laga ini, dan kemungkinan akan digantikan Achraf Hakimi atau Nacho Fernandez. 

Dani Alves adalah pemenang Liga Champions tiga kali dan tak heran Pep Guardiola ingin membawanya ke Manchester City. Itu karena sikap dan mental penggawa timnas Brasil ini.  Dengan beberapa alasan tadi, Dani Alves dinilai lebih baik. 

Bek Tengah

Starting XI

Mudah untuk memutuskan siapa yang akan mengisi dua posisi bek. Di Real Madrid ada Sergio Ramos, sedangkan PSG punya Thiago Silva. Keduanya merupakan kapten di tim masing-masing.  

Bek Kiri

Starting XI

Tidak ada yang meragukan kualitas Marcelo bersama Real Madrid. Gaya mainnya memang sama dengan Layvin Kurzawa di PSG. Mereka tidak hanya membantu pertahanan, tetapi juga sering naik membantu serangan. Namun, pilihan jatuh ke Marcelo.

Gelandang

Starting XI

Untuk mengisi tiga posisi gelandang, Real Madrid dan PSG punya sederet bintang. Madrid punya Luka Modric, Toni Kroos, Casemiro, Asensio, dan Isco. Sedangkan PSG ada Marco Verratti, Adrien Rabbiot, Angel Di Maria, dan Thiago Motta. Dari deretan nama itu, Di Maria, Kroos, dan Modric dinilai paling pantas.

Winger Kanan

Starting XI

Gareth Bale dari Real Madrid atau Kylian Mbappe dan Julian Draxler dari PSG? Bale dinilai membuktikan sebagai penyerang paling efektif di Madrid sepanjang musim ini meski sering terganggu cedera. 

Di PSG, selain Mbappe dan Draxler ada pula opsi memainkan Di Maria atau Javier Pastore di posisi ini. Namun dari sekian banyak kandidat, Bale dianggap lebih pantas. 

Winger Kiri

Starting XI

Di posisi ini sudah pasti antara Cristiano Ronaldo atau Neymar Jr. Ronaldo memang aktif bermain dari sisi kanan pertahanan lawan, tetapi belakangan ia lebih sering diplot sebagai striker. Sementara itu, Neymar sejak pindah dari Barcelona ke PSG makin patang memainkan perannya di posisi ini. Neymar jadi pilihan untuk mengisi winger kini.

Striker

Starting XI

Sebenarnya ada pilihan antara Karim Benzema atau Edinson Cavani. Namun, pilihan justru jatuh kepada Cristiano Ronaldo. Dengan lesakan sembilan gol, Ronaldo memimpin top skor sementara Liga Champions. 

Pelatih

Starting XI ???????

Unai Emery membuat PSG jadi tim menakutkan musim ini. Hanya saja, musim lalu ia gagal mengantarkan tim juara Ligue 1. Di saat bersamaan Zinedine Zidane mempersembahkan La Liga dan Liga Champions untuk Real Madrid.