Selasa, 13 Februari 2018 18:04 WITA

Hitung-hitungan Ekonomi, Ini Klub yang Juarai Liga Champions

Editor: Nur Hidayat Said
Hitung-hitungan Ekonomi, Ini Klub yang Juarai Liga Champions

RAKYATKU.COM - Klub mana yang akan menjuarai Liga Champions musim 2017/2018? Jika hitungannya berdasar logika ekonomi, maka CIES Football Observatory sudah punya juaranya. 

Organisasi periset sepak bola dunia yang berbasis di Swiss itu telah merilis daftar tim dengan skuat termahal di dunia. Tim teratas yang masuk daftar ini merupakan tim kontestan Liga Champions. Dan, yang masuk empat besar diprediksi akan keluar sebagai juara. 

Dalam daftar yang dirilis CIES Football Observatory, Manchester City ada di posisi teratas. Skuat Manchester City saat ini berisikan pemain yang bernilai 878 euro juta atau Rp14,7 triliun. Kalkulasi itu dihitung berdasarkan rekrutan dan pemain yang ada saat ini.

Di posisi kedua ada Paris Saint-Germain (PSG) dengan nilai skuat 805 euro juta atau setara Rp13,5 triliun. Dan asal tahu saja, seperempat jumlah nilai skuat itu berasal dari Neymar yang dibeli Barcelona dengan nilai transfer 222 juta euro atau setara Rp3,5 triliun.

Di posisi ketiga ditempati Manchester United dengan nilai skuat 747 juta euro atau setara Rp12,5 triliun. Selanjutnya Barcelona di posisi keempat dengan 725 juta euro atau setara Rp12,1 triliun.

"Logika ekonomi menunjukkan bahwa pemenang Liga Champions musim ini seharusnya direbut di antara empat klub teratas. Akakn tetapi, meski uang penting, faktor lain seperti kohesi tim bisa mempengaruhi jalannya turnamen," tulis CIES Football Observatory melalui situs resminya.

Itu berarti Real Madrid diprediksi tidak akan bisa mempertahankan trofi yang mereka rebut dalam dua tahun terakhir. Tim ibu kota Spanyol ini hanya berada di peringkat keenam dengan nilai skuat skuat 497 juta euro atau setara Rp8,3 triliun. Sementara itu di posisi kelima ada Chelsea, yang dengan nilai 592 juta euro atau Rp9,9 triliun.