Selasa, 13 Februari 2018 16:23 WITA

Mengenal Wanda Metropolitano, Venue Final Copa del Rey 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Mengenal Wanda Metropolitano, Venue Final Copa del Rey 2018
Wanda Metropolitano. Sumber: Four Four Two.

RAKYATKU.COM, MADRID - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah memutuskan venue untuk menggelar final Copa del Rey antara Barcelona kontra Sevilla 21 April mendatang. Final akan digelar Stadion Wanda Metropolitano.

"Kami punya stadion yang indah, mungkin yang terbaik di dunia, dan hari demi hari orang-orang lebih dekat dengan kami dan lebih banyak berpartisipasi," kata Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, dikutip Soccerway soal Wanda Metropolitano.

Wanda Metropolitano memang baru digunakan Atletico Madrid sebagai kandang tim musim ini. Tepatnya pada 17 September 2017 lalu pada laga La Liga melawan Malaga. Malam itulah para pemain, pelatih, dan ofisial tim untuk pertama kalinya merasakan rumput stadion ini.

Upacara pembukaan stadion ini pun berlangsung khidmat. Dimulai dengan peluncuran bola menggunakan helikopter oleh Angkatan Udara Spanyol. Seluruh penonton kemudian kompak mengangkat bendera merah putih.

Mengenal Wanda Metropolitano, Venue Final Copa del Rey 2018

Pada saat bersamaan 11 pemain Atletico Madrid dan Malaga masuk ke lapangan. Sesi pembukaan kemudian ditutup oleh orasi legenda Atletico Madrid, Jose Garate, bersama Fernando Torres.

Striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann punya punya kenangan manis dengan menjadi pencetak gol perdana di stadion ini. Griezmann mencetak satu-satunya gol ke gawang Malaga yang tercipta pada menit ke-61.

"Saya begitu gembira bisa mencetak gol pertama di stadion yang luar biasa ini. Bagi saya, ini adalah stadion terbaik yang pernah saya datangi. Saya berharap suporter kami terus memberikan dukungan di sini pada pekan-pekan berikutnya," kata Griezmann dikutip ESPN.

Mengenal Wanda Metropolitano, Venue Final Copa del Rey 2018

Menengok sejarahnya seperti dilansir Wikipedia, stadion ini awalnya didirikan oleh pemerintah
Madrid pada 1990. Pembangunnya untuk pencalonan Piala Dunia Atletik 1997. Laporan El Pais
menyebutkan, pembangunan stadion ini menelan Rp717,5 miliar.

Pembangunnya selesai pada 1993, namun ternyata hak tuan rumah Piala Dunia Atletik 1997 jatuh
ke tangan Athena, Yunani. Stadion ini akhirnya sebatas digunakan acara olahraga lainnya. Stadion ini sempat digunakan sebagai kandang Atletico Madrid pada final Piala Super Spanyol 1996. 

Baru pada 2013 lalu, kubu Atletico Madrid mengajukan pembelian stadion ini ke Pemerintah Kota Madrid. Itu karena stadion yang mereka pakai saat itu, Vicente Calderon, tidak lagi mampu diperbesar dan menampung banyaknya menonton.

Pemerintah Spanyol akhirnya mengabulkan permintaan tersebut dan pada 11 September 2013,
Atletico Madrid mendapatkan sertifikat sebagai pemilik Wanda Metropolitano secara sah. Klub kemudian mengumumkan pembangunan ulang Wanda Metropolitano dengan sekitar Rp4,3 triliun.

Mengenal Wanda Metropolitano, Venue Final Copa del Rey 2018

Pada 9 Desember 2016, klub mengumumkan bahwa stadion baru akan diberi nama Wanda
Metropolitano. Wanda untuk alasan sponsor dan Metropolitano diambil dari nama stadion lama
Atletico sebelum Vicente Calderon. Rencananya, Wanda Metropolitano akan menggelar partai final Liga Champions pada 2019 mendatang.