Selasa, 13 Februari 2018 15:48 WITA

Final Copa del Rey Digelar di Kota Madrid

Editor: Nur Hidayat Said
Final Copa del Rey Digelar di Kota Madrid
Stadion Wanda Metropolitano dipilih menjadi venue final Copa del Rey 2018. Sumber: Daily Mail.

RAKYATKU.COM, MADRID - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah memutuskan venue untuk menggelar final Copa del Rey antara Barcelona kontra Sevilla 21 April mendatang. Final akan digelar di Kota Madrid, tepatnya di Stadion Wanda Metropolitano. 

Wanda Metropolitano merupakan kandang Atletico Madrid yang mulai digunakan musim ini. Stadion milik Atletico Madrid pada final 2016 dan 2017 juga menjadi pilihan. Hanya saja, saat itu mereka masih menggunakan stadion Vicente Calderon.

Sesungguhnya, Barcelona menginginkan stadion lain yang menggelar laga final ini. Barcelona memilih kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu. Namun pada akhirnya federasi sepak bola Spanyol memilih Wanda Metropolitano. Dari segi kapasitas, stadion ini sanggup menampung hingga 68 ribu penonton. 

Sebelumnya, Barcelona selaku juara bertahan lolos ke final setelah mengalahkan Valencia dengan agregat 3-0. Sementara itu, Sevilla menyingkirkan Leganes dengan agregat 3-1. 

Barcelona dan Sevilla sebelum ini beberapa kali bersua di laga final. Seperti catatan Opta, hanya dalam kurun waktu 33 bulan kedua tim memainkan empat laga final, termasuk pada 21 April nanti.

Pertama, Piala Super Eropa 2015. Kala itu Barcelona menang 5-4 usai melalui babak perpanjangan waktu. Kedua, final Copa del Rey 2016, Barcelona keluar sebagai juara setelah menang 2-0. Ketiga, pada Supercopa de Espana 2016 yang berlangsung dua leg. Barcelona kembali juara setelah unggul agregat 5-0.

Berkaca pada statistik itu, bukan tidak mungkin Barcelona akan kembali mengungguli Sevilla pada laga final nanti. Apalagi Barcelona kini mengejar rekor empat kali juara beruntun usai memenanginya pada tiga edisi terakhir, 2015, 2016, dan 2017.