Rabu, 24 Januari 2018 19:01 WITA

Ini Daftar Pemain AS Roma yang Jadi Korban Ambisi Monchi

Editor: Abu Asyraf
Ini Daftar Pemain AS Roma yang Jadi Korban Ambisi Monchi
Monchi (kanan) menjadikan AS Roma sebagai pasar swalayan.

RAKYATKU.COM - Sepak bola tidak lagi sekadar prestasi dan prestise. Klub sepak bola kini juga menjadi pasar. Pemain potensial dibeli dengan harga murah, lalu dijual dengan harga fantastis.

Monchi, direktur AS Roma, Italia, salah satu yang menjadikan klub sebagai pasar. Dia meneruskan hobinya di Sevilla selama dua dekade. Di klub Spanyol itu, Monchi merampungkan 600 operasi transfer. Keuntungannya? Dia berhasil mendapatkan 200 juta euro.

Nah, di AS Roma, Monchi menargetkan pemasukan 100 juta euro dari penjualan pemain. Tahun lalu, dia melepas Mohamed Salah ke Liverpool, Antonio Ruediger ke Chelsea, dan Leandro Paredes ke Zenit St Petersburg. Penjualan pemain dipastikan masih akan berlanjut.

Kiper dengan refleks apik, bek sayap yang jago naik turun, gelandang pekerja keras, hingga striker jago tandukan masuk dalam daftar jual. Berikut profil singkat pemain-pemain tersebut:

Edin Dzeko

Ini Daftar Pemain AS Roma yang Jadi Korban Ambisi Monchi

Striker asal Bosnia itu disebut-sebut sudah mencapai kesepakatan kontrak senilai 8 juta euro per musim dengan Chelsea.
Seperti lazimnya operasi transfer Monchi, tujuan akhir dari rencana penjualan Edin Dzeko ke Chelsea adalah keuntungan finansial. Ketika membeli Dzeko dari Manchester City pada musim panas 2015, AS Roma cuma mengucurkan dana 11 juta euro.

Kemungkinan Dzeko hengkang juga sudah diantisipasi Monchi sejak pertengahan tahun lalu. Dia merekrut Patrick Shick dari Sampdoria dengan harga 20 juta euro. Menilik gaya permainan, Dzeko dan Shick memang serupa. Pemilik nama terakhir juga mengandalkan keunggulan fisik dan duel udara untuk mencetak gol. 

Alisson Becker

???????Ini Daftar Pemain AS Roma yang Jadi Korban Ambisi Monchi

Kiper bernama lengkap Alisson Becker tercatat sebagai penjaga gawang terbaik di Serie A versi Squawka dengan mengoleksi 552 poin atau membentangkan keunggulan 147 angka atas Samir Handanovic. Performa Alisson memang apik. Dia mampu mencatatkan sembilan clean sheet dari 20 penampilan di liga. 

Mengingat penampilan impresif Alisson, Monchi diwartakan memasang banderol cukup tinggi, yakni 50 juta euro. Maklum, Liverpool yang memantau sang kiper, juga memiliki sumber daya finansial cukup besar. Ingat, musim panas 2017, The Reds mengakuisisi Mohamed Salah dengan mahar 42 juta euro.

Dikabarkan oleh Corriere dello Sport dan Sky Sports, Emerson sudah mencapai kesepakatan personal untuk pindah dari AS Roma ke Chelsea pada Januari ini. Transfer bisa berlangsung apabila kedua klub mencapai kata sepakat. Chelsea telah mengajukan penawaran 50 juta euro untuk Emerson dan Edin Dzeko atau hanya terpaut 10 juta euro dari permintaan AS Roma.

Radja Nainggolan

???????Ini Daftar Pemain AS Roma yang Jadi Korban Ambisi Monchi???????

Media-media asal Italia telah merilis kabar ketertarikan klub China, Guangzhou Evergrande, kepada Radja Nainggolan. Berangkat dari permintaan pelatih Guangzhou, Fabio Cannavaro, manajemen menyiapkan uang 50 juta euro untuk merealisasikan transfer.
Kabar tersebut sempat dibantah oleh Monchi. Dia mengklaim bahwa klubnya belum menerima proposal resmi untuk gelandang berkebangsaan Belgia tersebut. Bahkan, sang direktur juga menutup pintu keluar buat Nainggolan.

Namun, jangan lupakan apa yang terjadi kepada Antonio Ruediger pada musim panas 2017. Dia resmi hijrah ke Chelsea hanya satu bulan setelah Monchi menampik kemungkinan pemain asal Jerman itu hijrah.
Kini, peluang buat Nainggolan pun terbuka seiring relasi buruk dengan pelatih Eusebio Di Francesco. Lagi pula, jendela transfer China masih dibuka hingga 28 Februari 2018.