Rabu, 10 Januari 2018 18:43 WITA

Piala Presiden 2018 Perbanyak Kuota Pemain Muda

Editor: Almaliki
Piala Presiden 2018 Perbanyak Kuota Pemain Muda
Tigor Shalom Boboy

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Seiring dengan diinformasikannya pembagian grup dan jadwal pertandingan di Piala Presiden 2018. Organizing Committee (OC) juga telah menyampaikan hal-hal penting lain, yang terkait turnamen tersebut. Salah satunya regulasi pendaftaran pemain.

Menurut Tigor Shalom Boboy, salah satu anggota OC yang menangani bidang kompetisi, secara umum persyaratan pendaftaran pemain tak beda jauh dengan musim lalu. Hanya saja, dalam draf implementasi teknis yang sudah dikirimkan ke semua klub, disebutkan klub dapat mendaftarkan sekurang-kurangya 18 pemain, dan sebanyak-banyaknya 36 pemain. 

"Selain itu, dalam pemberitahuan lain klub wajib mendaftarkan 7 pemain. Mungkin jumlah pemain muda yang didaftar mengalami perubahan. Selebihnya hampir sama," kata Tigor, Rabu (10/1/2018).

Jumlah tujuh pemain muda yang didaftarkan setiap klub Liga 1 di Piala Presiden 2018 itu terbilang lebih banyak, dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab pada Piala Presiden 2017, regulasi yang diturunkan untuk pemain muda hanya didaftarkan sebanyak lima pemain saja.

"Jadi nantinya, pemain muda yang didaftarkan dengan usia di bawah 23 tahun. Atau lebih jelasnya kelahiran 1 Januari 1996 dan setelahnya," jelasnya.

Sedangkan untuk pemain asing, klub dapat mendaftarkan hingga 4 nama. Dengan komposisi tiga pemain asing yang bebas asal negaranya, dan satu pemain Asia atau 3 + 1.

Untuk dokumen persyaratan pendaftaran khusus pemain dan ofisial asing, wajib memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

“Untuk pendaftaran pemain, akan kami buka mulai 10 Januari 2018 hingga sehari menjelang laga pertama pada pertandingan masing-masing grup,” terang Tigor.