Kamis, 28 Desember 2017 15:26 WITA

Pep Guardiola Lebih Suka Lawan yang Terbuka

Editor: Mulyadi Abdillah
Pep Guardiola Lebih Suka Lawan yang Terbuka
Sumber Foto: Clive Brunskill/Getty Images

RAKYATKU.COM - Manchester City meraih kemenangan ke-18 di Liga Premier usai menang tipis 1-0 di kandang Newcastle, Kamis (28/12/2017) dini hari.

Gol semata wayang Raheem Sterling di babak pertama membawa The Citizen kini unggul 15 poin di puncak klasemen sementara.

Dikutip dari Bein Sport, City mendominasi jalannya laga, mencatatkan 21 tendangan ke gawang – Newcastle hanya enam, juga menguasai 78 persen pergerakan bola.

Rafael Benitez terlihat terpaksa mengatur permainan Newcastle jadi defensif. Guardiola sendiri, meski mengaku lebih senang menghadapi tim yang menyerang, berbagi pandangannya terkait permainan defensif.

“Saya ingin lawan saya ‘bermain’, bagi sepakbola itu sendiri dan para penonton, semua orang. Tapi, setiap manajer bisa memutuskan apapun yang dia mau,” ujar Manajer City, Pep Guardiola selepas laga.

“Saat mereka bertahan dengan 11 pemain di kotak penalti, striker berhadapan dengan gelandang kami, dan ada sembilan atau 10 pemain di sana yang menanti lemparan ke dalam, tendangan bebas atau sudut, maka anda harus menemukan cara untuk menyerang mereka.

“Saya tak bisa menilai mereka. Tapi, saya kira, menyerang dalam situasi tersebut akan menciptakan cukup kesempatan untuk mencetak banyak gol.

“Adalah sebuah keyakinan, bahwa cara bertahan terbaik adalah berada sejauh mungkin dari gawang anda. Kebanyakan orang berpikir sebaliknya, namun itulah mengapa sepakbola mengagumkan.

"Saat bola dekat dengan gawang kami, kami ada dalam bahaya. Pada menit akhir, misalnya, bola ada di sisi kami. Namun, saat mereka bertahan di area gawang mereka, hal jadi lebih mudah bagi kami.

“Kami senang dengan banyaknya clean sheet. Kami mengawali paruh kedua musim, 18 laga tersisa, sekarang kami akan lihat berapa banyak laga yang kami perlukan untuk jadi juara,” demikian Pep.