Jumat, 22 Desember 2017 16:57 WITA

Laga El Clasico Kini "Spesialkan" Penonton Asia

Editor: Mulyadi Abdillah
Laga El Clasico Kini
Sumber Foto: AP

RAKYATKU.COM - Laga Real Madrid vs Barcelona menjadi tontonan La Liga spesial bagi penonton di Asia. El clasico kali ini tayang lebih cepat, pada Sabtu (23/12/2017) malam. 

Kick off Real Madrid vs Barcelona di Santiago Bernabeu mulai pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 19.00 malam WIB. Ini adalah prime time bagi penonton di Asia, seperti Indonesia.

"La Liga adalah tontonan hiburan global, tahun lalu 2,6 miliar orang di seluruh dunia menonton La Liga dan banyak di antaranya berada di Asia," Direktur Komunikasi Internasional La Liga, Joris Evers kepada Reuters dikutip dari Daily Mail, Jumat (22/12/2017).

Dijelaskan, pihaknya ingin memberi kesempatan untuk menonton el clasico tanpa harus begadang atau menyetel alarm untuk bangun di waktu dini hari.

La Liga meningkatkan jumlah penonton internasionalnya dengan 501 juta pemirsa pada musim lalu menjadi 2,59 miliar pemirsa. Lonjakan terbesar terjadi di kawasan Asia Pasifik, yakni 375 juta tambahan penonton.

loading...

Laga El Clasico Kini

"Kami ingin memastikan bahwa kami melayani penggemar Spanyol. Tapi kami yakin laga el clasico musim ini untuk penggemar Spanyol dan juga penggemar di pasar Asia," tambah Evers.

Namun, keputusan tersebut menuai protes pedas dari pendukung Barcelona, Seguiment FCB. Pentolan fans klub, Carles Ordiales menyatakan para pejabat di Liga Spanyol setidaknya telah mengabaikan kekhawatiran penggemar selama melakukan perjalanan ke Santiago Bernabeu.

"Sangat jelas bagi kami bahwa sepak bola sedang menjalani proses globalisasi yang menguntungkan klub secara ekonomi, namun melupakan pendukung setia yang pergi ke stadion. Pasar televisi telah diprioritaskan dengan waktu kick off yang menguntungkan orang-orang di tempat yang jauh yang ingin menontonnya, namun merugikan penggemar yang harus menempuh perjalanan sejauh 600km (dari Barcelona ke Ibu Kota Spanyol) ke permainan berkewajiban bangun pada fajar untuk sampai di sana tepat waktu," keluh Ordiales.

Loading...
Loading...