Senin, 18 Desember 2017 02:30 WITA

Kaka Resmi Pensiun dari Sepakbola

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kaka Resmi Pensiun dari Sepakbola
Ricardo Kaka.

RAKYATKU.COM - Legenda Brasil, Ricardo Kaka memutuskan pensiun dari sepak bola pada usia 35 tahun. Hal itu ia sampaikan melalui unggahan di Instagramnya, Senin (17/12/2017).

Keputusan Kaka untuk pensiun berbarengan dengan habisnya kontrak dia bersama Orlando City bulan ini. Mantan pemain AC Milan ini sempat dikabarkan akan kembali ke ke Brasil, namun dia ternyata memilih gantung sepatu.

"Ayah, perjalanan ini jauh lebih daripada yang saya bisa bayangkan. Terima kasih!Saya kini siap untuk petualangan berikutnya," tulis Kaka sebagai caption foto.

Sepanjang kariernya yang terbentang dari 2001 hingga 2017, gelandang serang berusia 35 tahun itu telah menorehkan tinta emas. Ia berhasil menjuarai Piala Dunia 2002 bersama Brasil serta memenangi Serie A Italia dan Liga Champions bersama Milan.

Setelah memperkuat AC Milan, pria kelahiran 22 April 1982 ini kemudian bergabung bersama Real Madrid pada 2009, dengan kontrak yang sempat menjadikannya pemain termahal di dunia. 

Tapi di Santiago Bernabeu dia gagal menunjukkan performa terbaiknya karena terus diganggu cedera. Sempat kembali ke Milan, Kaka akhirnya memilih bermain di Major League Soccer bersama Orlando City di 2014.

Kaka juga tercatat sebagai pemain terakhir yang memenangi Ballon d’Or, yakni pada 2007, sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan pemain terbaik dunia itu hingga kini.

Tags