Minggu, 10 Desember 2017 01:31 WITA

Spaso Dalam Angka Sejak Berbaju Timnas Indonesia

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Spaso Dalam Angka Sejak Berbaju Timnas Indonesia
Ilija Spasojevic.

RAKYATKU.COM - Ilija Spasojevic menyita perhatian publik sepakbola Indonesia di penghujung Liga 1 2017. Pria asal Serbia itu menjadi pesepakbola yang mengantarkan klub Bhayangkara FC mencetak sejarah. 

Yaitu meraih juara kompetisi sepakbola kasta teratas di Indonesia. Tak lama setelahnya, Spaso kemudian mencuri perhatian lagi dengan bergabung ke Timnas Indonesia. 

Setelah sebelumnya mantap berganti kewarganegaraan, dari Serbia ke Indonesia. Spaso pun langsung melakoni debut bersama skuat Garuda Senior melawan Suriah. 

Di laga ujicoba itu, Spaso gagal bersinar. Ia tak mampu mencetak satu gol. Tapi di kesempatan kedua melawan Guyana, juga ujicoba, Spaso mulai unjuk gigi. 

Mantan striker PSM Makassar dan Persib Bandung diproyeksikan menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia U23 yang akan berlaga di Asian Games 2018. Bersama dua pemain senior lainnya, Andritany Ardhiyasa dan Fachruddin Ariyanto. 

Bagaimana sepak terjang Spaso sejak berkostum timnas, berikut sosoknya dalam angka. 

5 Kali Tampil
Spasso sudah lima kali tampil dalam balutan seragam Timnas. Yaitu melawan Suriah, Guyana dan tiga laga di ajang Tsunami Cup 2017. Masing-masing melawan Brunei Darussalam, Mongolia dan Kirgisztan.

357 Menit Bermain
Dari lima laga itu, Spaso total bermain selama 357 menit. Di laga pertama bersama Timnas melawan Suriah, Spaso bermain penuh. Sisanya, Spaso digantikan dan tampil sebagai pengganti.

5 Tembakan Tepat Sasaran
Dari lima laga itu pula, Spaso melepaskan lima tembakan yang tepat ke sasaran. Tak semua dari lima laga itu Spaso berperan sebagai target man. Di laga tertentu, Spaso berperan sebagai pemantul bola. 

3 Gol
Gol perdana Spaso dicetak ke gawang Guyana lewat titik penalti. Gol kedua ke gawang tim yang sama memanfaatkan naluri mencetak golnya yang tinggi. Gol ketiga ke gawang Mongolia di Turnamen Tsunami Cup 2017.

1 Assist
Satu assist diciptakan Spaso selama bertugas menjadi tukang gedor di lini depan. Nah, jika menilik catatan Spaso, layakkah dia membela Timnas Indonesia?