Jumat, 08 Desember 2017 15:47 WITA

PSM Makassar Terancam Lepas Paulle

Editor: Sulaiman Abdul Karim
PSM Makassar Terancam Lepas Paulle
Steven Paulle (tengah).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kabar buruk menghampiri PSM Makassar jelang Liga 1 2018. Ini menyangkut regulasi pemain asing yang akan ditentukan penyelenggara liga. Sebab, tak menutup kemungkinan regulasi pemain asing berubah dan merugikan PSM Makassar. 

Hal itu terjadi jika nantinya liga membatasi jumlah pemain asing di setiap klub. Misalnya hanya tiga pemain asing saja. Dengan komposisi, dua pemain asing non Asia dan satu berpaspor Asia. Jika ini diterapkan, maka ini menjadi kerugian besar bagi PSM Makassar. 

Sebab sejauh ini sudah tiga pemain asing non Asia yang dikontrak PSM Makassar. Yaitu Steven Paulle (Prancis) Wiljan Pluim dan Marc Klok (Belanda).

Peluang berubahnya regulasi pemain dalam klub sudah disampaikan Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono. Termasuk peluang regulasi jumlah pemain asing ini tidak diubah.

"Regulasi ini kemungkinan bakal ada perubahan melihat positif dan negatifnya dari pelaksanaannya musim ini. Konsen PSSI saat ini mendalami ini semua. Ditunggu saja keputusannya," ungkap Joko, Jumat (8/12/2017).

PSM Makassar Terancam Lepas Paulle(Wiljan Pluim)

Sementara itu, CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin berharap semoga tak ada perubahan regulasi yang merugikan klubnya. Alasannya karena manajemen PSM telah memastikan mengontrak tiga pemain Eropa dan hampir mendapat satu pemain kuota Asia. 

"Tidak usahlah diganti-ganti. Format kemarin sudah bagus," demikian Munafri beberapa waktu lalu.

PSM Makassar Terancam Lepas Paulle(Marc Klok)

Jika regulasi liga membatasi tiga pemain asing saja, dengan dua berpaspor non Asia, maka PSM Makassar siap-siap melepas antara Paulle, Pluim atau Klok. Jika menilik kontribusi dan kebutuhan tim, paling besar peluang dilepas adalah Paulle. 

Karena di posisinya, cukup banyak stok pemain yang dimiliki PSM Makassar. Berbeda dengan Pluim dan Klok yang memang sulit dicarikan pemain yang sepadan.