Kamis, 07 Desember 2017 15:14 WITA

Bila Lolos Play Off, Bali United Masuk Grup Neraka di Liga Champions Asia

Editor: Mulyadi Abdillah
Bila Lolos Play Off, Bali United Masuk Grup Neraka di Liga Champions Asia
Sumber Foto: Bali United

RAKYATKU.COM - Federasi Sepakbola Asia (AFC) sudah mengundi fase grup Liga Champions Asia 2018 pada Rabu (6/12) sore di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Bali United yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berpeluang bermain di Liga Champions Asia 2018, sudah ditunggu wakil dari Jepang, Korea Selatan, dan Australia di grup F.

Di grup F Liga Champions Asia 2018 sudah menanti klub juara Liga Jepang 2017 Kawasaki Frontale. Selain itu ada juga wakil Australia Melbourne Victory, serta wakil Korea Selatan, Ulsan Hyundai yang merupakan juara Liga Champions Asia pada tahun 2012 silam.

Perjalanan Bali United untuk lolos ke fase grup Liga Champions Asia 2018 harus dilewati melalui tiga babak kualifikasi menghadapi wakil Singapura, Thailand, dan China. Apabila mampu mengalahkan ketiga tim tersebut baru kemudian Bali United bisa lolos ke fase grup Liga Champions Asia 2018.

Bila Lolos Play Off, Bali United Masuk Grup Neraka di Liga Champions Asia

Perjuangan Bali United untuk menembus fase grup Liga Champions Asia 2018 sendiri akan dimulai pada tanggal 16 Januari 2018 mendatang saat menjamu wakil Singapura, Tampines Rovers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar dalam laga play-off pertama.

Jika Bali United tidak berhasil melewati babak kualifikasi Liga Champions Asia 2018, tim Serdadu Tridatu masih tetap bisa bermain di Piala AFC 2018 yang sudah diumumkan pembagian grupnya. Bali United sendiri masuk di grup G Piala AFC 2018 bersama Philippines 2nd Club, FLC Than Hoa atau Hanoi FC (Vietnam) Yangon United (Myanmar).

Sementara Madura United, sangat tergantung dengan keberhasilan Bali United di babak play off Liga Champions Asia (LCA). Jika Bali United mampu lolos dari babak play off, Madura United bisa mewakili Indonesia ajang AFC CUP.

Bila Lolos Play Off, Bali United Masuk Grup Neraka di Liga Champions Asia

Lain halnya dengan Persija Jakarta yang berada dalam Grup H bersama dengan tiga klub asal Asia Tenggara lainnya di ajang AFC CUP.

Lawan yang sudah pasti dihadapi Persija adalah Song Lam Nghe An FC dari Vietnam. Sisanya dua klub lainnya masih akan ditentukan oleh Tampines Rovers atau Geylang International dari Singapura, dan Johor Darul Ta’zim atau Selangor FA dari Malaysia.

Johor Darul Ta’zim dan Tampines Rovers masih berpeluang untuk lolos ke AFC Champions League 2018. Jika kedua klub tersebut gagal di AFC Champions League 2018, maka otomatis mereka tergabung ke Grup H AFC Cup 2018 bersama Persija dan Song Lam Nghe An FC.

Pertandingan babak penyisihan Grup H akan digelar pada 14 Februari mendatang. Lawan pertama yang akan dihadapi Persija adalah Johor Darul Ta’zim atau Selangor FA dari Malaysia.