Sabtu, 02 Desember 2017 09:18 WITA

Inilah Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia 1930

Editor: Fathul Khair Akmal
Inilah Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia 1930

RAKYATKU.COM - Piala Dunia pria pertama kali digelar FIFA pada tahun 1930. Kejuaraan ini berlangsung di Uruguay dari 13-30 Juli 1930. 

13 tim (7 Amerika Selatan, 4 dari Eropa, dan 2 dari Amerika Utara) ikut serta dalam turnamen. Tim dibagi menjadi empat grup, dengan pemenang dari masing-masing grup maju ke semifinal.

Menarik bagi setiap pertandingan terbesar sejagat itu, yakni pencetak gol pertama di pertandingan perdana setiap ajang piala dunia digelar. Lalu, siapa pencetak gol pertama sejak piala dunia pertama kali bergulir pada tahun 1930?

Adalah Lucien Laurent, menjadi pesepak bola yang mengukir sejarah menjadi pencetak gol pertama untuk gelaran Piala Dunia.

Inilah Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia 1930

Lucien Laurent

Ia menjadi pemain tim nasional Prancis kala itu. Laurent masih berusia 22 tahun saat mulai tampil mengolah si kulit bundar di Piala Dunia. 

Namun jangan salah, debut Laurent di tim nasional Ayam Jantan sudah dilakukan sebelum Piala Dunia. Laga pertama Laurent bersama Prancis dilakoni pada Februari 1930 melawan Portugal. Saat itu Prancis kalah 0-2 dari Portugal.

Laurent bersama pasukan Les Bleus melakukan perjalanan ke Uruguay pada Juli 1930. Prancis akan melakoni pertandingan pembuka Piala Dunia melawan Meksiko di Stadion Pocitos. 

Di pertandingan itu, Laurent berhasil mencetak gol pada menit ke-19. Golnya dilakukan dengan tendangan voli pada jarak 12 yard (10,9 meter) setelah menerima umpan Ernest Liberati. Prancis memenangi laga dengan skor 4-1. 

Gol Laurent menjadi gol pertama yang tercipta di Piala Dunia pertama. Laurent hanya mencetak dua gol dalam kariernya bersama tim Ayam Jantan.

Selepas gelaran Piala Dunia, Laurent kembali ke Prancis dan bermain untuk beberapa klub berbeda. Tahun 1940, dia ditawan tentara Nazi. Setelah keluar dari penjara tiga tahun setelahnya, Laurent tetap bermain sepak bola dan membela tim Besancon RC. 

Laurent, satu-satunya legenda yang masih hidup ketika menyaksikan Timnas Prancis memenangkan Piala Dunia 1998. Namun ia wafat pada 22 April 2005 di Besancon.