Kamis, 16 November 2017 03:30 WITA

Italia Resmi Pecat Giampiero Ventura

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Italia Resmi Pecat Giampiero Ventura
Giampiero Ventura.

RAKYATKU.COM - Giampiero Ventura resmi dipecat dari posisi pelatih Timnas Italia. Kepastian itu disampaikan langsung oleh pihak Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Rabu (15/11/2017) waktu setempat.

Ventura menjadi pelatih yang dianggap paling gagal menangani Gli Azzurri sejak 60 tahun terakhir. Di bawah arahannya, Timnas Italia tak mampu lolos ke Piala Dunia 2018.

“Sebagai langkah pertama hari ini, (Presiden FIGC, Carlo) Tavecchio mencoba mengkomunikasikan pilihan dalam memberi arahan Azzurri, dan Giampiero Ventura tak lagi menjadi pelatih Timnas Italia,” demikian pernyataan resmi FIGC, dikutip CNN dari Football Italia.

Sebelumnya, mantan pelatih Torino itu menolak mundur usai timnya gagal ke Piala Dunia. Ia memilih menyerahkan keputusan tersebut kepada FIGC untuk memecatnya.

Timnas Italia gagal melangkah ke Piala Dunia karena kalah agregat 0-1 dari Timnas Swedia di fase play-off kualifikasi zona Eropa. Kalah 0-1 di leg pertama, Gli Azzurri ditahan tanpa gol dari Swedia pada leg kedua di Stadion San Siro.

Terdapat sejumlah nama yang lantas digadang-gadang berpotensi menggantikan Ventura. Salah satu kandidat terkuat adalah Carlo Ancelotti yang baru saja dipecat Bayern Munich musim ini.

Dilansir dari Premium Sport, FIGC diwakili langsung oleh Tavecchi kabarnya sudah menjalin komunikasi dengan Ancelotti. Namun, hingga berita ini duturunkan belum ada jawaban resmi dari kedua belah pihak.

Ancelotti sendiri belum pernah menangani level timnas selama kariernya menjadi pelatih. Ia lebih dikenal sebagai pelatih yang pernah membesut klub-klub raksasa dunia macam, Juventus, AC Milan, Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munich.