Rabu, 15 November 2017 04:30 WITA

Deretan Pemain PSM Makassar yang Berpeluang Hengkang

Editor: Fathul Khair Akmal
Deretan Pemain PSM Makassar yang Berpeluang Hengkang
PSM Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kompetisi Liga 1 musim 2017 telah usai. Kini tengah menanti babak baru di musin 2018. Namun bagi PSM Makassar, start lebih awal adalah cara yang terbilang efektif dalam menyiapkan tim untuk musim depan yang lebih baik.

Paling tidak, manajemen PT PSM telah menyiapkan musim depan dengan langkah awal dimulai dari legiun asing mereka. Pavel Purishkin, Marc Antony Klok, Willem Jan Pluim dan Steven Paulle.

Tiga diantaranya seperti Klok, Pluim dan Steven dipastikan masih berseragam Juku Eja. PT PSM masing-masing memperpanjang kontrak Pluim menjadi 2021, Klok hingga 2019 dan kontrak Paulle dikabarkan akan ditambah hingga Tahun 2019.

Sedangakn Pavel, pemain berkebangsaan Uzbekistan itu harus pulang ke negaranya. CEO PT PSM, Munafri Arifuddin secara gemblang tak memperpanjang kontrak pemain yang didatangkan diputaran kedua Liga 1 pada Agustus 2017 lalu.

Deretan Pemain PSM Makassar yang Berpeluang HengkangBagaimana dengan pemain lokal?

Munafri mengaku, secepatnya bakal membeberkan siapa yang masih berseragam Juku Eja, dan siapa yang harus menanggalkan baju kebesaran PSM Makassar.

"Dan saya akan berbicara dulu dengan pemain lokal yang bersangkutan," beber Munafri dalam sesi jumpa pers di sekretariat PSM Jl Balaikota, Makassar, Senin (13/11/2017) lalu.

Selain Pavel yang tersingkir, menyusul Syamsul Haeruddin dan Deny Marcel yang juga tak lagi berseragam PSM Makassar. Syamsul sebelumnya sudah pamit di laga terakhirnya kontra Madura United. Sedangkan Deny dikabarkan akan pensiun.

Munafri pun mengaku, Syamsul tidak diperpanjang kontraknya yang jatuh tempo pada Januari 2018 mendatang. "Tapi kami usahakan dia akan diuruskan lisensi kepelarihan AFC C," tegas pria yang akrab disapa Appi itu.

Deretan Pemain PSM Makassar yang Berpeluang HengkangSecara pasti, manajemen PT PSM memang belum mengumumkan siapa yang akan hengkang. Namun Munafri mengaku bakal merombak 50 persen pemain lokal yang ada saat ini.

Sinyal hengkang juga sudah datang dari Romario. Dalam akun instagram pribadinya, ia memberikan isyarat. "Sampai ketemu dilain kesempatan, ewako" tulis Romario di akunnya, @rumpaisum95.

Berbeda halnya dengan Romario, beberapa pemain tak menunjukkan tanda-tanda sedikitpun. Misalnya seperti Andri Faizal Amru, Hilman, Syafei, Gozali Siregar, Ridwan Tawainella, dan Fatur Rahman.

Namun jika melihat ke belakang sejak Liga 1 2017 bergulir, mereka sangat jarang dimainkan. Pertama datang dari Andri, ia hanya dimainkan sekali saja saat melawan PS TNI (15/5/2017) lalu namun hanya bermain di babak kedua atau di menit 64.

Deretan Pemain PSM Makassar yang Berpeluang HengkangKedua ada Hilman. Selama Liga 1 2017 dirinya tak pernah dimainkan. Gozali yang hanya dimainkan 14 kali, beberapa diantaranya dipercayakan sebagai starter dan selebihnya masuk di babak kedua. Keempat ada Fatur, ia bermain hanya empat kali.

Sementara Syafei, hanya dimainkan dua kali saja. Dan Ridwan main sebanyak 13 kali, berperan sebagai starter dan masuk sebagai pemain pengganti.

Meski demikian, catatan bermain dari pemain tersebut tak bisa dijadikan rujukan. Kita tunggu saja perubahan yang dilakukan managemen PT PSM.