Selasa, 14 November 2017 12:06 WITA

Nomor 8 PSM Makassar Milik Syamsul Akan Dipensiunkan

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Nomor 8 PSM Makassar Milik Syamsul Akan Dipensiunkan
Syamsul Chaeruddin menggunakan jersey nomor 8 selama 15 tahun membela PSM Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Syamsul Chaeruddin sudah dipastikan tidak bersama PSM Makassar lagi musim depan. Sang legenda hidup Pasukan Ramang itu mengisyaratkan pensiun. Ada rencana, nomor punggung 8 yang selama ini dipakai Syamsul untuk dipensiunkan. 

Ini sebagai bentuk penghormatan penghormatan atas dedikasinya selama ini. "Kami ada niat memensiunkan nomor 8. Tapi saya akan bicara dulu, apakah dia rela nomornya dipakai pemain lain atau bagaimana," kata CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, Selasa (14/11/2017).

Syamsul sendiri belum memberi jawaban tegas terkait masa depannya setelah tak lagi di PSM Makassar. Tapi, manajemen berharap Syamsul tak jauh-jauh dari Tim Juku Eja. Munafri menginginkan pemain 34 tahun itu tetap berkontribusi buat klub yang sudah dibelanya selama 15 tahun. 

"Saya mau berbicara dengan Syamsul agar tetap di PSM. Tapi tidak sebagai pemain. Mungkin sebagai asisten pelatih,” ungkap Munafri.

Bagi Syamsul pekan ke-34 merupakan penampilan terakhirnya bersama klub yang melambungkan namanya. Sayangnya selama 15 musim berbaju PSM, tidak ada gelar juara yang didapatnya, sehingga merasakan kegagalan yang mendalam.

Saat mengutarakan kegagalannya itu Syamsul sempat menangis. Suaranya terbata-bata. Beberapa kali menunduk sambil menyeka air mata. "Saya berharap bisa juara, tapi ternyata gagal lagi. Saya minta maaf kepada suporter yang selama ini setia mendukung PSM," ujar Syamsul.

Mantan gelandang Timnas Indonesia ini bergabung dengan Pasukan Ramang sejak 2002. Sejak itu hanya mampu membawa PSM dua kali runner-up di Liga Indonesia 2002 dan 2004. Kegagalan ini membuat Syamsul tahu diri.

Ia mengaku sudah waktunya memberi kesempatan buat pemain muda. "Sudah banyak pemain muda yang lebih bagus. Saya harus memberi kesempatan kepada mereka," tutur Syamsul.