Sabtu, 11 November 2017 09:27 WITA

Segera Gantung Sepatu, Xavi Diminta Latih Barcelona

Editor: Fathul Khair Akmal
Segera Gantung Sepatu, Xavi Diminta Latih Barcelona
Xavi Hernandez

RAKYATKU.COM - Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez akan gantung sepatu pada akhir musim. Eks pemain Timnas Spanyol itu, bertekad untuk mengejar karier kepelatihan. Xavi Hernandez saat ini masih bermain untuk klub Qatar Al-Sadd. 

Xavi, yang terkenal karena kemampuannya mengendalikan permainan dari posisi tengah, mengaku penampilan sudah mulai menurun.

"Saya beruntung karena tidak cedera. Dan menurut saya karier saya sedang menuju akhir, terjadi penurunan," ucap Xavi kepada Marca dikutip bola.com.

"Qatar mengizinkan saya melakukan hal ini. Sekarang saya melihat diri saya menjadi lebih lelah, semakin sulit untuk memulihkan diri, ini pastinya akan menjadi tahun terakhir saya menjadi pesepak bola. Saya memiliki ide untuk mendapatkan lisensi kepelatihan saya tahun depan dan menjadi pelatih," tambahnya.

Publik Catalonia lantas menginginkan Xavi Hernandez menjadi pelatih Barcelona pada masa mendantang. Xavi dianggap sebagai sosok yang tepat karena memiliki catatan prestasi mengilap dan merupakan pemain didikan asli Barcelona.

"Di sini keberadaan saya untuk membantu mereka berkembang. Hal itu dilakukan agar Qatar bisa bersaing dengan tim-tim lain di dunia. Tujuan saya adalah menjadi pelatih bagi Qatar," kata Xavi.

"Menurut saya, melatih Qatar akan menjadi hal yang bagus. Saya membutuhkan sejumlah pengalaman. Namun, setidaknya saya memiliki keuntungan untuk mengetahui para pemain Qatar dan juga lingkungan mereka," ujar Xavi.

Xavi Hernandez mencatatkan 133 penampilan untuk Spanyol sepanjang karier internasionalnya selama 14 tahun. Bersama Spanyol dia memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 dan 2012.

Di Barcelona, Xavi bermain cukup lama pada 1998-2015. Total 745 penampilan telah dibukukan gelandang 37 tahun itu selama berada di Spanyol, plus menjuarai berbagai gelar seperti empat Liga Champions hingga delapan La Liga.