Senin, 30 Oktober 2017 10:11 WITA

Deretan Pemain Legenda yang Pensiun pada 2017

Editor: Almaliki
Deretan Pemain Legenda yang Pensiun pada 2017

RAKYATKU.COM - Penggemar sepakbola pada medio 2000-an, pasti tahu dengan beberapa pemain legenda di klub Eropa pun Indonesia. Setidaknya dalam rangkuman Rakyatku, selama 2017, ada beberapa nama besar pemain yang kerap menghiasi layar kaca, harus pensiun dan menyatakan pensiun.

Berikut nama-namanya:

Gianlugi Buffon

Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, mengonfirmasikan niatnya untuk gantung sepatu ketika periode 2017/18 rampung. Kemungkinan, legenda Si Nyonya Tua ini, akan menutup karier sepakbola profesionalnya bersama timnas Italia, berbarengan saat perhelatan Piala Dunia 2018 tuntas.

Fransesco Totti

Kapten Roma ini pensiun pada 17 Juli 2017. Keputusan itu diambil setelah ia menolak untuk membarui kontraknya bersama AS Roma, yang berakhir pada 1 Juli 2017 lalu. Kini, ia menjadi direktur di AS Roma.

Xabi Alonso

Gelandang FC Bayern Muenchen, Xabi Alonso (35), pada Kamis 9 Maretb 2017) lalu, memastikan pensiun dari dunia sepak bola pada akhir musim 2016-2017. Ucapan selamat tinggal, ia tuliskan lewat akun twitternya.

Philip Lahm

Bek sekaligus kapten Bayern Muenchen, Philipp Lahm, secara resmi mengakhiri kariernya setelah laga DFB Pokal kontra VfL Wolfsburg, Selasa 7 Februari 2017 lalu. Partai tersebut adalah yang ke-501 bagi sang kapten bersama Bayern.

Frank Lampard

Gelandang asal Inggris, Frank Lampard, resmi menyatakan pensiun dari sepak bola. Hal itu diungkapkan dia melalui media sosial Instagram pada Kamis 2 Februari 2017.

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo memastikan bakal pensiun dari sepakbola profesional saat kontraknya bersama New YOrk City FC habis pada Desember mendatang. Dikabarkan, ia akan kembali ke Juventus, dan bekerja dengan Conte.

Dirk Kuyt

Striker sekaligus kapten Feyenoord Rotterdam, Dirk Kuyt, memutuskan pensiun sebagai pemain pada akhir 2016-2017, pada Mei 2017 lalu.

Ricardo Kaka

Ricardo Kaka memutuskan gantung sepatu, menyusul jejak mantan rekannya di AC Milan Andrea Pirlo. Kapten Orlando City itu kini bermain di Liga Amerika Serikat, dan akan selesai pada Desember nanti. Itu artinya, Kaka pensiun sebagai pemain Orlando sebelum pergantian tahun 2017 ke 2018.

Choirul Huda

Rakyatku menempatkan nama pemain ini sebagai salah satu pemain yang pensiun, meski ia belum ingin pensiun. Kariernya harus ditutup dengan maut. Ia meninggal saat membela Persela dan menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Atas dedikasinya, nomor punggungnya resmi dipensiunkan di Persela Lamongan.