Kamis, 19 Oktober 2017 06:00 WITA

Luis Milla Sebut Sepak Bola Wanita Harus Dikembangkan di Indonesia

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Luis Milla Sebut Sepak Bola Wanita Harus Dikembangkan di Indonesia
Luis Milla.

RAKYATKU.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, bicara tentang sepak bola wanita. Laki-laki asal Spanyol itu menaruh perhatian yang tinggi pada hal tersebut.

Menurut Milla, laki-laki maupun perempuan sejatinya mempunyai kesempatan yang sama untuk bermain sepak bola. Bahkan, ia berharap sepak bola wanita juga harus dikembangkan di Indonesia.

"Lima sampai sepuluh tahun lalu, tak ada yang memikirkan sepak bola wanita di Spanyol. Tapi kami perlahan mulai percaya, punya visi, misi, dan perencanaan yang baik agar sepak bola wanita bisa dimainkan," kata Milla dilansir CNN, Kamis (19/10/2017).

"Perempuan terkadang lebih punya determinasi, kemauan yang lebih keras dari laki-laki. Di Spanyol, sepak bola wanita sudah mulai ditayangkan di televisi. Kenapa di Indonesia tak dikembangkan?" tambahnya.

Selain berbicara tentang sepak bola perempuan, Milla juga memberikan pandangan dan masukan tentang sepak bola usia muda, khususnya di Indonesia. Ia senang di Indonesia banyak yang suka berdiskusi tentang sepak bola.

"(Sepak bola) usia muda membutuhkan waktu, kerja keras, organisasi yang baik, persiapan dan kompetisi di setiap jenjang umur yang berbeda dan sepesifik. Terima kasih kepada federasi (PSSI) yang sudah memberikan pelatihan kepada pelatih muda. Kami tak hanya ingin mendidik pemain di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan," ucap Milla. 

"Buat saya, ada tiga hal penting. Pertama, butuh kompetisi untuk anak-anak. Kedua, berlatih dengan pelatih berkualitas. Ketiga, (talenta) anak-anak Indonesia," ucapnya melanjutkan.