Senin, 02 Oktober 2017 07:26 WITA

Barcelona Tumbangkan Las Palmas Tanpa Tepuk Tangan

Editor: Almaliki
Barcelona Tumbangkan Las Palmas Tanpa Tepuk Tangan
Courtessy: Manu Fernandez - Manu Fernandez/AP

RAKYATKU.COM - Barcelona menang meyakinkan melawan Las Palmas dengan skor 3-0 di Stadion Camp Nou. Brace dicetak oleh Messi dan satu gol lagi dibuat oleh Sergo Busquets. Meski menang, pertandingan itu terasa asing, sebab Barcelona tampil tanpa penonton dan tanpa tepuk tangan, tak seperti biasanya.

Referendum Catalonia memang membuat pertandingan itu berubah. Dalam sejarah, baru kali Barcelona bermain tanpa penonton. Pintu Stadion Camp Nou yang biasanya terbuka, kini tertutup bagi penonton.

Referendum itu sendiri adalah desakan dari Catalonia untuk memisahkan diri dari Negara Spanyol alias merdeka. Banyak alasan dari hal itu. Salah satunya, sebab pemerintah Catalonia merasa, mereka adalah wilayah kaya dengan penduduk 7,5 juta orang di timur laut Spanyol, yang memiliki bahasa dan budayanya sendiri.

Wilayah itu menikmati otonomi tingkat tinggi, namun tidak diakui sebagai negara sendiri dalam konstitusi Spanyol. Makanya, tekanan untuk menentukan nasibnya sendiri, meningkat selama lima tahun terakhir.

Namun pada pemilihan regional 2015, yang dimenangi oleh sebuah aliansi partai pro-kemerdekaan, sekisar 40 persen pemilih, mendukung partai-partai yang loyal kepada Spanyol.

Madrid berpendapat. Catalonia sudah menikmati otonomi luas, seperti yang diberlakukan untuk daerah lain seperti Basque dan Galicia.

Sekadar diketahui, Minggu dini hari yang lalu, Polisi di Spanyol sempat membubarkan paksa massa yang mengikuti referendum di Catalunya karena dianggap ilegal. Diberitakan Reuters, di kota provinsi Girona, pemimpin Catalan, Carles Puigdemont, rencananya akan menggunakan hak pilihnya.

Dalam pemilihan itu pula, dalam kertas suara, warga Catalunya akan memilih "ya" atau "tidak" untuk kemerdekaan dari Spanyol. Jika "ya" menang, pemimpin pro-kemerdekaan Carles Puigdemont mengatakan, pemerintah Catalan akan memproklamasikan kemerdekaan dalam waktu 48 jam ke depan.