Senin, 14 Agustus 2017 04:30 WITA

Penyebab Rossi Terpuruk di MotoGP Austria 2017

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Penyebab Rossi Terpuruk di MotoGP Austria 2017

RAKYATKU.COM - Untuk kali kedua, masalah ban menjadi penyebab utama mengapa Valentino Rossi hanya finis ketujuh di MotoGP Austria 2017. Ban belakang habis setelah Lap 12.

Pembalap Yamaha itu memakai ban belakang kompon soft pada kualifikasi. Akan tetapi, hasilnya tak memuaskan. Rossi harus start dari posisi ketujuh. Berkaca dari pengalaman ini, ia pun memilih ban belakang kompon hard saat balapan minggu depan.

Sayangnya, ban yang dipilih Rossi juga tak memberikan hasil maksimal. Alih-alih juara atau naik podium, ia justru diterpa kesulitan besar pada paruh kedua balapan. Bahkan, pembalap Italia itu melebar di Tikungan 1 pada Lap 15. Turun pada posisi ketujuh, ia tak beranjak dan finis di tempat yang sama.

"Tentunya, balapan yang sulit bagi saya, juga untuk Maverick (Vinales) dan seluruh tim. Kami berharap lebih cepat dan lebih kuat, tapi saya pikir kami telah maksimal. Kami tidak menyesal pada set-up dan pemilihan ban, karena saya kuat di lap pertama,” kata Rossi.

"Saya juga berpikir, (kompon) hard adalah pilihan tepat. Kami banyak bekerja untuk mencoba tidak menghancurkan ban belakang. Dan faktanya saat FP4, saya cepat selama 10 lap, seperti (balapan) hari ini," tambahnya.

Akan tetapi lanjut Rossi, saat memasuki lap 12, ban belakang mengalami penurunan besar. Ia pun terpaksa mengurangi kecepatannya.

“Jadi menurut saya, kami harus memperbaikinya, karena kami terlalu menekan ban belakang. Honda dan Ducati menemukan sesuatu untuk (melaju) kencang tanpa terlalu menekan ban belakang," tukasnya dilansir motorsport.