Selasa, 08 Agustus 2017 10:22 WITA

Mengenal Pavel Purishkin, Calon Striker PSM Makassar

Editor: Almaliki
Mengenal Pavel Purishkin, Calon Striker PSM Makassar
Pavel Purishkin

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Beberapa hari ini, calon pemain asing pengganti Reinaldo di lini depan PSM Makassar terus dibicarakan. Banyak rumor soal siapa yang mengisi posisi striker itu, ada yang menyebut pemain asal Astana, pun lainnya.

Namun akhirnya kejelasan terungkap belum lama ini. Pemain Uzbekistan keturunan Rusia dengan akun Instagram bernama Pasheko_88 yang diketahui bernama lengkap Pavel Purishkin itu, mengunggah foto dalam pesawat dan menuliskan keterangan kalau ia akan ke PSM Makassar.

Nah, untuk lebih tahu soal siapa Pavel Purishkin, ada baiknya melihat rekam jejaknya dulu.

Fly to #psmmakassar

Sebuah kiriman dibagikan oleh @pasheko_88 pada Agu 7, 2017 pada 10:31 PDT

Dilansir dari Wikipedia Inggris, Pavel Purishkin adalah lulusan akademi Uzbekistan bernama Pakhtakor Tashkent. Ia termasuk pencetak gol terbanyak dari Liga kelas 2 Uzbek pada tahun 2007 dan merupakan bagian dari Timnas Nasional U-17 Uzbekistan di Kejuaraan AFC U-17 2004 yang diadakan di Jepang.

Sementara karier klubnya dimulai pada tahun 2007 silam bersama Shurtan Guzar di Liga Uzbek. Pada tahun 2011, Pavel pindah ke Divisi Pertama Kazakhstan, di mana ia mencetak 44 gol dalam 99 pertandingan untuk Ak Bulak, Spartak Semey, Astana-1964 dan CSKA Almaty.

Pada tahun 2013 ia bermain untuk Spartak Semey dalam playoff dan membantu klub tersebut untuk promosi Kazakhstan Premier League 2014. Ia membantu Semey menang atas FC Vostok dengan skor 1-0 saat itu.

Berselang beberapa tahun, pada Februari 2016 silam, Purishkin menandatangani kontrak satu tahun dengan Malaysian UiTM FC. Di sana, dalam pertandingan resmi pertamanya untuk klub tersebut, Purishkin mencetak hatrick dan membantu dalam kemenangan 4-1 melawan Sabah FA pada 12 Februari 2016.

Purishkin mencetak gol ke-4 dalam dua pertandingan pertama untuk klub baru itu, dalam kemenangan tandang 1-0 melawan Perlis FA pada 15 Februari 2016. Setelahnya, ia bermain untuk FC Caspiy di Liga Kazakhstan Divisi 1 pada 2017.

Sebuah kiriman dibagikan oleh @pasheko_88 pada Mei 12, 2017 pada 6:19 PDT

Nama Purishkin sendiri memiliki banyak cara untuk ditransliterasikan apalagi dalam bahasa Rusia, dari ejaan aslinya dalam alfabet Sirilik Rusia ke dalam alfabet Latin.

Asal tahu saja, Purishkin adalah ejaan yang digunakan di seluruh paspor pemain dan dokumen resmi lainnya. Ini juga telah diadopsi oleh FIFA dan merupakan ejaan yang disukai dalam kebanyakan publikasi bahasa Inggris.

Ditilik lebih jauh, harga Purishkin sendiri lumayan tinggi dalam tataran Liga 1. Ia mempunyai nilai kontrak 50000 Euro atau sekira Rp700 juta lebih.