09 July 2017 18:33 WITA

Manis Sekali, Syamsul!

Editor: Almaliki
Manis Sekali, Syamsul!
Syamsul Chaeruddin usai berekspresi mencetak gol. Ia menyambangi seluruh ofisial tim / Fadel Maujud

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil menang atas Bhayangkara FC dengan skor 2-1, dalam lanjutan pekan ke 13 Liga 1 musim 2017. Gol pertama yang dihasilkan tuan rumah, dihasilkan Syamsul Chaeruddin pada menit 17.

Ekspresi Syamsul saat itu begitu emosional. Ia bersujud syukur, memeluk Robert Rene Alberts, membungkam publik Stadion Mattoangin dengan telunjuk yang ditempelkan ke bibirnya.

Gaya yang terakhir, seakan memberi sinyal pada publik Makassar, kalau semangatnya masih ada. Ia sama sekali masih bisa bermain! Maklum, PSM sudah nyaris menutup paruh musim, ia baru ditampilkan sebagai starter pada laga seru nan keras tersebut.

Gol kedua dari PSM Makassar sendiri dihasilkan Reinaldo Elias da Costa pada menit 86, setelah Willem Jan Pluim dilanggar di kotak penalti Bhayangkara FC. Sedangkan gol balasan dari Bhayangkara, lahir dari Lee Joo Yun pada menit 87.

Ulasan pertandingan

Bertanding di Stadion Mattoangin, kedua tim bermain normal saja sejak pluit tanda pertandingan dimulai. Publik Mattoangin pun bergemuruh usai Syamsul Chaeruddin memecah kebuntuan.

Berawal dari umpan Ghozali Ziregar dari sisi kiri, Syamsul langsung menerima bola dan langsung melesatkannya lewat kaki kanannya. Skor menjadi 1-0.

Tertinggal 1-0, tak membuat tim tamu berdiam diri. Paulo Sergio nyaris mencetak gol lewat bola mati di menit 31. Beruntung, bola melebar ke sisi sebelah kanan.

Tak puas, Bhayangkara kembali mengancam pada menit 37. Hasil umpan yang diterima Sergio ditanduknya dan mengarah ke gawang Syaiful. Beruntung, refleks Syaiful yang langsung menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Setelah itu, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim hingga pluit dari wasit terdengar tanda berakhirnya babak pertama.

Babak kedua, PSM Makassar langsung tampil menekan. Sepakan Pluim nyaris berbuah gol di menit 51. Berawal hasil umpan dari Ghozali di sebelah kiri pertahanan Bhayangkara, bola mengarah ke Pluim.

Namun saat Pluim melesatkan bola, mampu ditepis kiper Bhayangkara dan hanya menghasilkan bola pojok.

Menit 78, tim tuan rumah sedikit kedodoran dengan banyaknya serangan dari tim tamu. Namun keadaan kembali berbalik saat menit 84, PSM mendapat hadiah penalti setelah Pluim dijatuhkan di kotak penalti.

Reinaldo Elias Da Costa yang mengeksekusi bola, sukses mencetak gol pada menit 86 dan menambah keunggulan PSM Makassar.

Namun berselang satu menit atau tepat di menit 87, Lee Yoo Jun mampu memperkecil kedudukan lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Bola itu lalu membentur tubuh Pluim kemudian liar ke Syaiful, akhirnya membuat skor berubah menjadi 2-1.

Usai mampu memperkecil ketertinggalan, Bhayangkara terus berusaha menggempur pertahanan PSM. Sayang, waktu 3 menit tanda injury time yang diberikan wasit tak mampu dimanfaatkan pemain Bhayangkara. Skor berakhir 2-1 untuk kemenangan PSM Makassar.

Dengan hasil ini, PSM memperlebar jarak poin dengan telah mengemas 26 poin. Sedikit melebar dari pesaingnya seperti Persipura Jayapura dan Madura United meskipun jika ia menang melawan Persib pada laga yang sebentar lagi akan tersaji.