Rabu, 18 Mei 2016 12:24 WITA

Final Europa League: Misi Segel Satu Tiket Terakhir Liga Champions 

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Final Europa League: Misi Segel Satu Tiket Terakhir Liga Champions 

RAKYATKU.COM - Tak hanya sekedar titel juara. Final Europa League 2015/2016, punya makna ganda bagi Liverpool dan Sevilla, Kamis (19/5/2016) dinihari di St Jakob Park, Basel. Kedua tim akan berebut jatah terakhir ke Liga Champions musim 2016/2017. Ya, UEFA memang memberi iming-iming bagi jawara kompetisi kasta kedua paling elit se benua Biru itu. 

Sang juara akan tampil di Liga Champions, meski peringkat terakhir di kompetisi domestik tak memenuhi syarat. Hal itu demi menaikkan gengsi turnamen ini. Buat Liverpool, final Liga Europa ini menjadi kesempatan keempat untuk meraih gelar juara. Sedangkan untuk Klopp, ini menjadi final pertamanya dalam 52 pertandingan dalam tujuh bulan kepemimpinannya di Anfield.

Sedangkan bagi Sevilla, jika juara, tak hanya memastikan tiket Liga Champions. Mereka juga mencetak rekor juara Europa League tiga kali berturut-turut. "Juara berarti akan menjadi pesta yang indah dan saya cukup bagus untuk bisa merayakannya. Sudah lama saya tidak merayakan sesuatu dan kali ini saya sudah siap," ujar Juergen Klopp, pelatih Liverpool.

"Sekarang Sevilla adalah tim yang benar-benar bagus tapi mereka tidak lebih baik dari kami. Kami harus bisa menaklukkan mereka dengan beberapa pergerakan taktik," lanjutnya. 

Kekuatan Sevilla memang patut diwaspadai. Selain sudah berpengalaman di ajang ini, tim besutan Unai Emery tersebut menujukkan performa yang gemilang semenjak tersingkir dari Liga Champions musim ini. Klub asal Spanyol itu berhasil menghempaskan perlawanan Molde, Basel, Atheltic Bilbao dan Shakhtar Donetsk untuk sampai ke partai final Liga Europa musim ini.

Loading...

Prestasi mereka yang kurang mengkilap di La Liga akan membuat Kevin Gameiro dkk akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih gelar ketiga Liga Europa. "Sepakbola setiap kali memberikan Anda kesempatan dan itu harus dimaksimalkan. Untuk bisa tertulis dalam sejarah, Anda harus siap menghadapi tantangan," ujar Unai Emery, pelatih Sevilla.

Sementara itu, pemain Liverpool Emre Can, mengakui, tidak memikirkan Liga Champions sebagai tujuan. Hal yang paling krusial baginya sekarang adalah bagiamana timnya bisa mengatasi Sevilla.

"Saya kira itu (Liga Champions) memang sangat penting," ujar Can kepada Liverpoolfc.com. "Kami memang berambisi tampil di Liga Champions musim depan. Akan tetapi, hal pertama yang ingin kami kedepankan adalah memenangkan partai final menghadapi Sevilla," jelasnya.

Loading...
Loading...