Senin, 05 Juni 2017 13:16 WITA

UEFA Lansir Rekor Baru Real Madrid dan Ronaldo di Liga Champions

Editor: Mulyadi Abdillah
Sumber Foto: Twitter Real Madrid

RAKYATKU.COM - UEFA melansir rekor baru Real Madrid usai memenangi Liga Champions 2016/17 dengan menaklukkan Juventus 1-4. Apa saja?

Real Madrid adalah klub pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions. Milan (1989, 1990) adalah klub terakhir yang mengambil meraih juara berturut-turut saat masih berformat Piala Champion.

Sejak bernama Liga Champions, Real Madrid menyapu bersih kemenangan pada partai final. Menang enam kali dari enam laga partai final. AC Milan adalah satu-satunya klub lain yang tampil di enam partai final. Cuma, tiga di antaranya yang mereka menangi.

UEFA Lansir Rekor Baru Real Madrid dan Ronaldo di Liga Champions

Statistik itu membawa Real Madrid bergerak dua poin dari Barcelona sebagai klub paling sukses di Liga Champions. Barcelona telah lima kali berlaga di partai final dan menelan satu kekalahan kontra AC Milan.

Gol perdana Ronaldo pada malam partai final kontra Juventus adalah gol ke-500 untuk Real Madrid di Liga Champions. Hasil ini menjadikan mereka klub pertama yang mencapai tonggak sejarah. 

Secara keseluruhan, Real Madrid telah menjuarai kompetisi ini sebanyak 12 kali (Piala Champions Eropa + Liga Champions) dan menjadi yang terbanyak di seluruh Eropa.

Bagaimana dengan rekor baru Ronaldo? 

Cristiano Ronaldo adalah pemain pertama yang mencetak gol di tiga final Liga Champions UEFA. CR7 bergerak menjauh dari Sergio Ramos (satu-satunya bek yang telah mencetak gol dalam dua final), Raúl González, Samuel Eto'o dan Lionel Messi.

Dua gol yang dicetak pada malam partai final kontra Juventus mencatatkan Ronaldo sebagai pemain keenam yang mencetak dua gol di final. Ia bergabung bersama Daniele Massaro (Milan 1994), Karl-Heinz Riedle (Borussia Dortmund 1997), Hernán Crespo (Milan 2005), Filippo Inzaghi (Milan 2007) dan Diego Milito (Internazionale 2010).

Ronaldo bergabung dengan Andres Iniesta dan Clarence Seedorf sebagai satu dari tiga pemain yang ambil bagian dalam empat kemenangan final UEFA Champions League.

Ronaldo pencetak gol terbanyak 2016/17 menyalip Lionel Messi. Raihan itu membawa Ronaldo menjadi Raja Gol di Liga Champions. Ronaldo tercatat sebagai pemain pertama pencetak gol terbanyak selama lima musim berturut-turut di Liga Champions.