11 May 2017 12:48 WITA

Kilas Balik Final Liga Champion 1997/1998: Real 1-0 Juventus

Editor: Sulaiman Abdul Karim

RAKYATKU.COM - Juventus dan Real Madrid akan bertemu di Cardiff untuk final Liga Champions 2016/2017. Pertemuan terakhir pada tahap ini tidak berakhir dengan baik bagi Bianconeri. Itu terjadi Amsterdam Arena musim 1997/1998. Johan Cruyff Arena kini. 

Saat itu, Juventus datang dengan status tim yang membuat silau Eropa. Dua musim sebelumnya, skuat asuhan Marcello Lippi ini juga mencapai laga puncak. Mengalahkan Ajax melalui adu penalti dan kemudian kalah dari Borussia Dortmund. Sedangkan Real, terakhir juara tahun 1966.  

Maka pantaslah jika di edisi 1997/1998 ini, Juventus kembali diunggulkan atas Real. Bahkan, pelatih Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson, meminta kepada timnya untuk meniru permainan Juventus. 

Tibalah hari pertandingan yang ditunggu-tunggu. Didier Deschamps langsung membuat peluang yang diselamatkan Bodo Illgner. Dibalas Raul Gonzales tapi sepakannya melebar di tiang dekat.

Alessandro Del Piero dipaksakan turun, meski mengalami hamstring. 10 gol di Liga Champions dan 21 di Serie A kala itu membuat Del Piero diharapkan memberi magisnya di final. Zinedine Zidane menjadi motor serangan Juventus. Sosok yang kini berada di balik sukses Real melaju ke dua final. Tahun ini dan sebelumnya.  

(Zinedine Zidane).

Babak pertama berakhir 0-0 dan segera berlanjut ke babak kedua. Petaka datang di menit 66. Sebuah sepakan keras Roberto Carlos, membentur pemain. Tapi bola dengan cepat diserobot dan dibelokkan Pedrag Mijatovic ke gawang Angelo Peruzzi. 

Juve berusaha bangkit. Edgar Davids bermain kesetanan. Tiba-tiba ia sudah ada di dalam kotak penalti Real. Tendangan keras dilesakkannya. Tapi ditepis Illgner. Davids memegangi kepalanya, seakan tak percaya. 

Hingga akhirnya, Bianconeri tidak bisa memaksa menyamakan kedudukan, dan Los Merengues merayakan juara Liga Champions ketujuh mereka. 

Skuat Real dan Juventus di Final Liga Chmapions 1997/1998:

Real Madrid: Ilgner; Panucci, Sancis, Hierro, Roberto Carlos; Karembeu, Redondo, Seedorf, Raul (Amavisca 90); Mijatovic (Suker 89), Morientes (Jaime 82).

Juventus: Peruzzi; Torricelli, Iuliano, Montero, Pessotto (Fonseca 71); Di Livio (Tacchinardi 46), Davids, Deschamps (Conte 78), Zidane; Del Piero, Inzaghi.