04 May 2017 09:32 WITA

Jika Juventus dan Real Madrid Bertemu Lagi

Editor: Almaliki
Jika Juventus dan Real Madrid Bertemu Lagi

RAKYATKU.COM - Usai menekuk Atletico Madrid di Santiago Bernabeu. Real madrid kemungkinan besar akan melenggang mulus ke Final Liga Champions 2016/17. Bagaimana tidak, permainan mereka yang apik dengan pertahanan yang rapi saat bersua Atletico, jadi alasan.

Begitupun dengan Juventus saat bersua Monaco. Si Nyonya Tua setidaknya punya peluang lebih besar, usai mempermalukan Monaco di kandangnya dengan skor 2-0.

Adapun dua laga tersebut, jika tersaji pada leg ke II, disinyalir takkan memberi perubahan yang berarti. Gol-gol yang dicetak mereka (Juventus dan Real Madrid) setidaknya membuat lawannya kendur dan menjadi modal besar serta kepercayaan diri merengkuh final.

Berbicara soal ke depan nantinya, jika benar-benar Juventus dan Real Madrid kembali bersua, bisa dibilang laga klasik daratan Eropa kembali tersaji. Soal sejarah, persaingan keduanya dimulai di perempatfinal Liga Champions 1961/62.

Kala itu, kedua tim harus bertarung sebanyak 3 kali demi bisa memastikan diri lolos ke semifinal karena sama-sama menang 1-0 di kandang dalam 2 leg. Usai pertemuan ini, duel antara Juve kontra Madrid selalu berjalan ketat, seperti yang terjadi di Liga Champions musim 2002/03.

Saat itu Si Nyonya Tua kalah di pertemuan pertama dengan skor 2-1. Kekalahan itu sukses dibalas Juve di leg kedua dengan skor 3-1. Dan akhirnya, Juventus melangkah ke final karena menang secara agregat yakni 4-3.

Jika ditotal, Juve dan Madrid sudah bertemu sebanyak 16 kali. Madrid mampu menang di 8 kesempatan. Sedangkan Juve cuma meraih 7 kemenangan dan sisanya diakhiri dengan hasil imbang. Tetapi tren Juve di 9 pertemuan terakhir dengan Madrid cukup baik.

Tercatat, Juve mampu menang sebanyak 5 kali. Sedangkan, El Real cuma menang di 3 pertandingan. Satu laga lain diakhiri dengan hasil imbang.

Berikut ini adalah head to head Juventus versus Real Madrid di 9 laga terakhir seperti dikutip Soccerway:

6 Mei 2003, Liga Champions, Real Madrid 2-1 Juventus
14 Mei 2003, Liga Champions, Juventus 3-1 Real Madrid
22 Februari 2005, Liga Champions, Real Madrid 1-0 Juventus
9 Maret 2005, Liga Champions, Juventus 2-0 Real Madrid (Extra Time)
21 Oktober 2008, Liga Champions, Juventus 2-1 Real Madrid
5 November 2008, Liga Champions, Real Madrid 0-2 Juventus
1 Agustus 2009, Persahabatan, Real Madrid 1-2 Juventus
23 Oktober 2013, Liga Champions, Real Madrid 2-1 Juventus
5 November 2013, Liga Champions, Juventus 2-2 Real Madrid

Tetapi sepakbola bukan soal berbicara sejarah saja. Pelatih dan isi skuat pun patut menjadi perhatian. Di sisi lain, Juventus lebih diunggulkan setelah sukses menghancurkan Barcelona di Juventus Stadium. Barcelona sendiri belum lama ini membungkam Real Madrid di Bernabeu dengan skor 3-2.

Sementara Real Madrid sendiri punya kelebihan-kelebihan yang patut diperhitungkan. Ganasnya lini depan Los Galacticos setelah Cristiano kembali ke performa terbaiknya, bisa memberikan teror tersendiri buat skuat asuhan Allegri ini. Selain itu, pertandingan-pertandingan di La Liga yang tidak lagi padat menjadi ukuran kalau Madrid bisa fokus menatap final, jika benar-benar akan menghadapi Juventus.

Lebih jauh. Sejarah pun bisa terulang, saat AS Monaco juga dikandaskan langkahnya oleh Juventus pada Semifinal Liga Champions 1997/98. Tetapi saat mengalahkan Monaco, Juventus lalu bertemu Real Madrid dan berhasil dikandaskan lewat sebiji gol Predrag Mijatovic.