Selasa, 18 April 2017 09:34 WITA

Isyarat Klopp Ingin Pensiun di Liverpool

Editor: Jumardin Akas
Isyarat Klopp Ingin Pensiun di Liverpool

RAKYATKU.COM - Pelatih Liverpool Jurgen Klopp memberi sinyal untuk mengakhiri karier kepelatihannya di Liverpool. 

Sebelum melatih Liverpool, pelatih asal Jerman tersebut pernah melatih Mainz selama tujuh tahun. Ia kemudian menuju Borussia Dortmund pada tahun 2008.

Bersama BVB, karier Klopp juga tak berjalan singkat. Bersama klub yang bermarkas di Signal Iduna Park tersebut, Klopp pernah menyabet dua gelar Bundesliga dalam durasi melatih selama tujuh musim. Ia meninggalkan Dortmund pada akhir musim 2014/15.

Klopp mengaku lebih suka bertahan dalam jangka panjang. Sebab, ketika ia menangani satu klub, ia memiliki proyek jangka panjang. Itulah yang membuatnya lebih suka bertahan lama.

Dengan demikian, pada usia 49 tahun ini, Klopp kemungkinan besar akan menjadikan The Reds sebagai pelabuhan terakhir. Tak mungkin bagi Klopp melatih 10 klub sepanjang karier kepelatihannya.

"Saya tak akan melatih 10 klub berbeda ketika karier saya berakhir," ujar Klopp pada Sport1.  

"Lain daripada itu, lebih mudah bagi saya untuk berkomitmen dengan apa yang saya lakukan karena selalu ada proyek jangka panjang," sambungnya.

Selama melatih Liverpool, Klopp belum pernah merasakan gelar apapun. Pada musim pertamanya, ia hampir menjuarai Liga Europa dan EFL Cup namun gagal.

Kontrak Klopp di Liverpool akan berakhir pada 2022 mendatang. Ia berharap menyabet satu gelar sebelum kontraknya tersebut habis.

"Jika saya memenuhi kontrak saya dengan Liverpool, akan ada kesempatan bagus untuk menjuarai sesuatu di sini. Saya pastinya tak nyaman jika tak memenangkan apa-apa. Orang-orang berharap Liverpool mendapatkan gelar," jelasnya.