10 March 2017 18:28 WITA

Xabi Alonso Umumkan Gantung Sepatu di Akhir Musim

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Xabi Alonso Umumkan Gantung Sepatu di Akhir Musim
Xabi Alonso

RAKYATKU.COM - Gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, resmi mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional. Keputusan gantung sepatu ini akan dilakukan Alonso di akhir musim 2017.

Di saat bersamaan, kontrak Alonso bersama Bayern Muenchen memang akan habis. Meski ada opsi untuk memperpanjang atau berkiprah di liga negara lain, Alonso mengaku mantap menjauh dari ingar bingar lapangan hijau.

"Ini bukan keputusan mudah bagiku. Tapi aku percaya, ini adalah saat yang tepat. Aku selalu berpikir, momen ini akan datang cepat atau lambat. Aku masih merasa mampu, tapi aku percaya ini adalah saat yang tepat," tutur Alonso kepada Bayern Official TV. 

Soal keputusannya pensiun yang dianggap masih dini, Alonso mengungkapkan alasannya.

"Aku ingin pensiun di level tertinggi. Dan Bayern adalah kub dengan level tinggi. Aku bangga dan bahagia pernah menjadi bagian dari klub ini," sambung juara Liga Champions 2005 bersama Liverpool ini. 

Alonso didatangkan Bayern dari Real Madrid di musim 2014. Di musim pertamanya, ia langsung memberi gelar Bundesliga. Mengawali karir di Real Sociedad, Alonso masuk dalam jajaran gelandang terbaik di dunia bersama Liverpool. 

Ia kemudian hijrah ke Real Madrid. Di Los Blancos, Alonso ikut menyumbangkan gelar Liga Champions kesepuluh bagi klub ini. Selama di Bayern, Alonso bermain sebanyak 114 kali dengan torehan enam gol.

Di level timnas, Alonso adalah pemegang satu gelar juara Piala Dunia dan dua kali juara Piala Eropa bersama Tim Matador.