Jumat, 10 Februari 2017 13:18 WITA

Telan Puluhan Miliar, Ini Rincian Dana Piala Presiden 2017

Editor: Mulyadi Abdillah
Telan Puluhan Miliar, Ini Rincian Dana Piala Presiden 2017

RAKYATKU.COM - Piala Presiden 2017 diklaim PSSI menelan biaya sebesar Rp43 miliar. Ada 20 klub yang ikut dan lima daerah bertindak tuan rumah pada fase penyisihan grup.

Menurut Ketua Umum PSSI, Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi, pihaknya tidak terlalu pusing karena anggaran sudah tertutupi dari sponsor.

"Dana yang dibutuhkan sudah ditutup oleh sponsor. Bahkan sampai-sampai harus distop karena sudah terpenuhi," kata Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi dikutip dari Antara.

Apa saja rincian dari anggaran itu? Hal itu sudah tertuang dalam regulasi Piala Presiden 2017 yang diunggah di laman PSSI. 

Baca Juga:

Pada Pasal 38 yang mengatur tentang finansial disebutkan, PSSI memiliki kewajiban secara finansial terhadap klub atas pembayaran match fee, pembayaran biaya transportasi dan pembayaran hadiah.

Telan Puluhan Miliar, Ini Rincian Dana Piala Presiden 2017

Pada Pasal 20 tentang ketentuan logistik, setiap klub berhak mendapatkan match fee untuk babak penyisihan grup dan babak perempat final. Nilainya, tim yang menang mendapatkan Rp125 juta sedangkan tim yang kalah Rp75 juta.

Sementara tim yang seri masing-masing mendapatkan Rp100 juta (khusus untuk babak penyisihan grup).

"PSSI bertanggung jawab terhadap akomodasi dan konsumsi perangkat pertandingan selama pelaksanaan Turnamen," bunyi ayat 5 pada pasal 20.

loading...

Khusus klub tuan rumah, akan mendapatkan subsidi sebagai penyelenggara pertandingan sebesar Rp 800 juta di babak penyisihan grup.

Adapun kewajiban klub tuan rumah pada babak penyisihan grup yakni, menanggung biaya dan menyediakan akomodasi lokal untuk klub peserta di grup masing-masing dengan kuota sebanyak 30 orang. 

Selain itu, menanggung biaya dan menyediakan lapangan latihan untuk klub peserta di grup masing-masing (minimal 3 kali), menanggung biaya dan menyediakan transportasi lokal untuk klub peserta di grup masing-masing (1 mobil dan 1 bus) serta menanggung biaya dan menyediakan transportasi lokal untuk perangkat pertandingan.

"Setiap klub tamu (selain klub tuan rumah) berhak mendapatkan biaya transportasi yang diberikan pada saat klub sudah sampai di kota tuan rumah sebesar Rp100 juta untuk tiap klub tamu; dan sebesar Rp125 juta khusus untuk Persipura Jayapura dan Perseru Serui," bunyi ayat 10.

Khusus akomodasi dan transportasi Klub pada semifinal dan final, masing-masing klub peserta yang bertanggung jawab.

Pada ajang ini, PSSI akan memberikan hadiah uang kepada klub dan top scorer berdasarkan hasil akhir turnamen. Nilainya, juara Piala Presiden sebesar Rp3 miliar, peringkat 2 sebesar Rp2 miliar, Peringkat 3 senilai Rp1 miliar dan Peringkat 4 yakni Rp500 juta. 

Sementara top scorer Piala Presiden 2017 diganjar Rp 100 juta, Pemain Terbaik Rp150 juta dan Pemain Muda Terbaik Rp50 juta.

"Seluruh pajak yang timbul dari pembayaran match fee dan hadiah mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia," demikian bunyi ayat 3 Pasal 38.

Untuk lebih lengkapnya, silakan klik tautan ini; Regulasi Piala Presiden 2017.

Loading...
Loading...