Senin, 09 Januari 2017 21:54 WITA

FIFA Umumkan Pesepakbola dan Pelatih Terbaik 2016 Malam Ini  

Editor: Sulaiman Abdul Karim
FIFA Umumkan Pesepakbola dan Pelatih Terbaik 2016 Malam Ini  
Ronaldo, Griezmann dan Messi. (int)

RAKYATKU.COM - Melalui laman resminya, Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) telah melansir tiga kandidat peraih The Best FIFA Men’s Player Award atau Pemain Terbaik Dunia 2016. Mereka akan diumumkan malam ini. 

Dua bintang yang selama ini jadi langganan nominasi, Cristiano Ronaldo (Real Madrid dan Portugal) dan Lionel Messi (Barcelona dan Argentina) mempunyai saingan baru, yakni bintang Atletico Madrid dan Timnas Prancis, Antoine Griezmann.

Ketiganya menyisihkan 20 nama pemain lainnya yang semula masuk dalam daftar kandidat. Ketiganya menerima jumlah suara yang lebih banyak hasil pemungutan suara yang diberikan para kapten timnas, pelatih timnas, sejumlah awak media yang dipilih, dan para pecinta sepakbola yang memberikan suaranya di FIFA.com.

Tonton: Live Streaming FIFA Awards 2016

Ronaldo tampil gemilang di sepanjang 2016, yakni dengan merebut gelar Liga Champions Eropa untuk ketiga kalinya sepanjang karier. Dua di antaranya dibukukan bersama Madrid dan tampil sebagai top skorer kompetisi dengan mencetak 16 gol.

FIFA Umumkan Pesepakbola dan Pelatih Terbaik 2016 Malam Ini  

Baca juga: Tiga Besar Calon Gol Terbaik Dunia 2016, Satu dari Liga Malaysia

Enam minggu berselang, meski hanya bermain selama 25 menit di partai final, Ronaldo mengantarkan Portugal meraih gelar juara Piala Eropa 2016 untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Tahun ini pun merupakan momen penting bagi Griezmann, utamanya menyimak penampilannya di Euro 2016. Griezmann berhasil menjadi top skorer turnamen dan membawa Les Bleus ke babak final sebelum ditundukkan Portugal lewat adu penalti. 

FIFA Umumkan Pesepakbola dan Pelatih Terbaik 2016 Malam Ini  

Griezmann tampil sebagai top skorer Atletico yang diantarkannya menempati peringkat ketiga klasemen akhir La Liga.

Terakhir, catatan Messi pada 2016 juga dikategorikan cemerlang dengan membawa Barcelona meraih gelar ganda, La Liga dan Piala Raja. Messi pun berhasil mengantarkan Argentina melaju ke babak final Copa America.

FIFA Umumkan Pesepakbola dan Pelatih Terbaik 2016 Malam Ini  

Kandidat Pelatih Terbaik

Sepuluh pelatih kepala juga telah terpilih oleh para ahli dari Komite Sepakbola FIFA sebagai nominator penghargaan Pelatih Pria Terbaik FIFA 2016.

Pemenang Pelatih Pria Terbaik FIFA 2016 akan dipilih melalui proses pemungutan suara gabungan. Di mana 50% dari keputusan akan didasarkan pada pilihan dari semua kapten dan pelatih kepala tim nasional di seluruh dunia. 

FIFA Umumkan Pesepakbola dan Pelatih Terbaik 2016 Malam Ini  (Claudio Ranieri)

Sebanyak 50% lainnya akan dibagi antara hasil dari pemungutan suara publik secara online dengan penggemar sepak bola dan pengajuan dari kelompok yang dipilih dari lebih dari 200 perwakilan media dari enam benua.

Berikut para kandidat Pelatih Terbaik FIFA 2016 sesuai abjad:

- Claudio Ranieri (Italia / Leicester City) 
- Fernando Santos (Portugal / Portugis timnas) 
- Zinedine Zidane ( Prancis /Real Madrid).