08 January 2017 20:48 WITA

Pochettino Menguat Gantikan Luis Enrique Latih Barcelona

Editor: Jumardin Akas
Pochettino Menguat Gantikan Luis Enrique Latih Barcelona
Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino

RAKYATKU.COM - Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino ikut menguat jadi pengganti Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona.

Pelatih asal Argentina berumur 44 tahun itu telah memukau petinggi Barca di beberapa musim terakhirnya. Hal itu tak lepas dari prestasi yang diraih klub London utara.

Pochettino tidaklah asing di Liga Spanyol. Sebelum melatih di Inggris, ia pernah menukangi Espanyol. 

Enrique hingga saat ini belum memtuskan apakah akan melanjutkan kepelatihannya di Barca setelah musim ini. Pembicaraan mengenai kontrak barunya sedang berjalan. Namun kabar yang beredar di Spanyol mengungkapkan bahwa ia sedang berencana untuk meninggalkan jabatannya setelah musim ini berakhir.

Jika memang demikian adanya, maka klub Catalan selanjutnya bisa melakukan pendekatan pada Pochettino agar mau kembali melatih di Spanyol. Namun setelah menandatangani kontrak baru musim panas lalu bersama Spurs tampaknya pelatih asal Argentina tersebut tidak akan terburu-buru mengakhiri jabatannya di White Hart Lane.

Pochettino menghabiskan 17 tahun sebagai pesepakbola profesional sebelum menjadi pelatih. Selama 10 tahun diantaranya bersama dengan klub La Liga Espanyol di mana ia mencetak 13 gol dalam 275 pertandingan. Selain itu ia juga pernah bermain bersama dua klub Perancis Paris Saint-Germain dan Bordeaux. 

Sementara kariernya sebagai seorang pemain dimulai dari klub tanah kelahirannya Newell’s Old Boys di Argentina.

Sebagai pemain internasional Argentina, ia bermain selama tiga tahun dan mewakili negaranya di Piala Dunia 2002 dan Copa America 1999. Ia memulai kerier kepelatihannya di Espanyol di Januari 2009 dan berlanjut hingga empat tahun hingga 2012. 

Kemudian ia pindah ke Premier League dengan menangani Southampton dan menjadi pelatih Argentina yang melatih klub liga Primer setelah Osvaldo Ardilles dan berhasil membawa klubnya duduk di posisi ke delapan di klasemen akhir Premier League. 

Setelah satu musim bersama The Saints selanjutnya ia pindah ke Tottenham Hotspur pada 27 Mei 2014 dan melatih hingga saat ini.