Rabu, 04 Januari 2017 12:10 WITA

Arema FC Harap Regulasi Pemain Asing Sesuai Standar AFC

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Arema FC Harap Regulasi Pemain Asing Sesuai Standar AFC
Tendangan salto pemain asing Arema FC, Esteban Viscara saat melawan Bali United di TSC 2016 lalu.

RAKYATKU.COM - Wacana regulasi baru terkait pengurangan kuota pemain asing untuk kompetisi ISL 2017 mendatang, mendapat tanggapan dari Arema FC. Manajemen klub Singo Edan ini menolak wacana ini dengan alasan-alasan yang masuk akal.

Setelah berkomunikasi dengan Exco PSSI, General Manager Arema, Ruddy Widodo menyampaikan, wacana tersebut muncul setelah adanya evaluasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2017 kemarin. 

Menurutnya, dalam Kongres 8 Januari 2016 nanti, PSSI ingin menyampaikan regulasi baru ini untuk mengoptimalkan potensi pemain lokal di kompetisi, terutama di posisi belakang dan depan yang dinilai minim.

"Arema sendiri menolak wacana pengurangan kuota pemain asing ini. Alasan kami, juara ISL nanti kan rencananya akan mewakili Indonesia di ajang antar klub AFC. Kalau kuota pemain asing kita dikurangi maka wakil Indonesia nantinya bisa-bisa jadi bulan-bulanan klub dari negara lainnya yang memiliki kuota pemain asing standar AFC," ujar Ruddy, seperti dikutip wearamenia.net.

Loading...

Arema FC Harap Regulasi Pemain Asing Sesuai Standar AFC(Pemain asing PSM Makassar, Wiljan Pluim) 

Manajer berkacamata ini menjelaskan, sesuai standar AFC, kuota pemain asing adalah tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asal Asia. Regulasi ini yang musim lalu disetujui semua klub kontestan dan dipakai di ISC A 2016.

"Secara industri, suka tak suka, selain menonton pemain lokal berkualitas, penonton juga melihat pemain asingnya seperti apa. Pihak stasiun TV pemegang hak siar pun mau bayar mahal mungkin juga karena keberadaan pemain asing yang berkualitas itu. Kalau kawan-kawan klub ISL lainnya menginginkan regulasi pemain asing tetap 3-1 (3 non-Asia dan 1 pemain pemain Asia)," pungkasnya.

Loading...
Loading...