Sabtu, 10 Desember 2016 22:52 WITA

Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSM

Penulis: Syukur - Muh. Fadel
Editor: Vkar Sammana
Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSM
FOTO-FOTO: FADEL/RAKYATKU.COM

RAKYATKU.COM - Laga klasik memang menarik. Animo suporter sepakbola di Kota Makassar mendadak riuh. Ratusan penonton tak bisa masuk stadion karena tak kebagian tiket, namun ada pula yang memiliki tiket tapi tak bisa masuk karena kapasitas Stadion Andi Matalatta sudah tidak mencukupi.

Di luar Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, pemandangan tak lazim itu terlihat. Ratusan suporter PSM Makassar masih menyemut, padahal peluit wasit sudah terdengar jelas sebagai pertanda pertandingan sudah dimulai.

Ratusan suporter itu sibuk mondar-mandir sambil menunggu keajaiban yang bisa membawanya masuk ke dalam stadion, menyaksikan pertandingan PSM Makassar vs Persija Jakarta, Sabtu (10/12/2016).

Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSMDalam keadaan gusar, seorang pria terlihat sangat aktif menyisir setiap sudut stadion di Jalan Mappanyukki itu. Ia mencari pintu yang masih terbuka untuk masuk ke dalam stadion 

Namanya, Ikhsan. Ia datang mengenakan jaket berwarna merah. Satu per satu pintu masuk ia datangi. Bukanya masuk, ia malah diadang aparat TNI yang berjaga di stadion. Tapi dia tidak sendiri. Ikhsan ditemani tiket pertandingan yang ia genggam erat ditangannya. 

Gayung bersambut, Ikhsan lalu bertanya kepada satu per satu pendukung PSM yang berada disekitarnya, dan senasib dengan dia. "Dimana pintu masuk ini kodong?," tanya Ikhsan kepada orang disekitarnya. "Ditutup semuami, terlambatki datang," timpal beberapa orang yang berada di dekat Ikhsan.

Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSMRaut wajah Ikhsan yang tadinya girang, mendadak berubah. Ia kecewa. Tangannya pun ia angkat sembari memperlihatkan tiket yang sudah dibeli sebelum laga itu berlangsung. Tak lama, ia melampiaskan kekecewaanya sambil berteriak.

"Kita ini punya tiket, kenapa pintu sudah di tutup. Ini sudah habis babak pertama," kesal dia. Meski berteriak, keajaiban itu tak lantas datang. Ikhsan pasrah. Ia membaur dengan penonton lain yang tertahan di luar stadion.

Senasib dengan Ikhsan, giliran Jones yang mendadak jadi bahan perhatian. Betapa tidak, ia mendadak mengeluarkan uang pecahan Rp100 ribu. Ia meminta kepada seseorang yang bisa membawanya masuk ke dalam stadion akan diberi imbalan uang tersebut.

Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSM"Ada uangku Rp100 ribu ini, siapa bisa kasih masuk saya ke dalam (Stadion) saya kasih ini uang," kata Jones. "Tidak bisa mi masuk, bukan soal tiket ini. Stadion di Makassar terlalu kecil, kapasitasnya juga tidak besar," teriak orang disekitar Jones dengan suara lantang.

Loading...

Seorang siswa SMP, Ical lebih ekstrim. Ia memelas di depan aparat pengamanan pertandingan itu agar bisa masuk ke stadion untuk sekedar menyaksikan tim kesayangannya.

"Pak, tolong kodong. Kasih masuk saya. Ini pertandingan terakhir PSM di Makassar," papar Ical dengan wajah memelas. Meski begitu, ucapan Ical tak juga diamini oleh petugas pengamanan.

Pasca Ical memelas, tak banyak lagi yang mengeluh. Para penonton memilih pasrah dan tetap duduk beralas tanah di luar stadion. Sesekali mereka ikut berteriak mengikuti sorakan penonton dari dalam stadion.

Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSMObrolan ngalor-ngidul pun mewarnai suasana kecewa ratusan suporter malang ini. Mereka berbicara beragam topik. Dari obrolan soal PSM, ke topik pembahasan lain, kemudian kembali lagi membahas PSM.

"Kodong, sessata ini (Kasihan, susahnya ini). Tidak bisa masuk padahal ini pertandingan terakhir PSM di kandang," keluh pria berbadan mungil yang mengenakan baju berwarna merah.

Di ujung pertandingan, keajaiban itu datang. Mereka dipersilakan masuk. Kecewa para suporter itu berakhir. Mereka kembali tersenyum lebar, walau hanya menyaksikan beberapa menit pertandingan itu, ditambah lagi mereka harus bedesak-desakan dengan suporter lain.

Sayang, Pasukan Ramang gagal mempersembahkan kemenangan di laga kandang terakhirnya itu. Rasyid dkk takluk di tangan Persija Jakarta dengan skor 1-0.

Saat Stadion Mattalatta Tak Mampu Tampung Suporter PSM

Loading...
Loading...